Fenomena kekerasan seksual perspektif Michel Foucault atas kasus-kasus di Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Seruni Semarang

Widyastuti, Vira Ambar (2022) Fenomena kekerasan seksual perspektif Michel Foucault atas kasus-kasus di Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Seruni Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1904016059_Vira_Ambar_Widyastuti] Text (Skripsi_1904016059_Vira_Ambar_Widyastuti)
Skripsi_1904016059_Vira_Ambar_Widyastuti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Fenomena kekerasan seksual yang terjadi di Indonesia dalam kurun waktu satu dekade terakhir dapat dikatakan cukup memprihatinkan. Banyaknya kasus-kasus kekerasan seksual yang terjadi menunjukkan adanya hubungan yang tidak setara antara pelaku dengan korban. Penelitian ini akan membahas tentang kekerasan seksual berdasarkan data di Pusat Pelayanan Terpadu (PPT). Maka dari itu, peneliti akan meneliti kekerasan seksual berdasarkan data yang telah ada di PPT Seruni Kota Semarang dengan menggunakan teori Michel Foucault yaitu disiplin tubuh dan kekuasaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui bagaimana kekerasan seksual di Kota Semarang berdasarkan data di Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Seruni dan (2) bagaimana kekerasan seksual perspektif Michel Foucault. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kasus kekerasan seksual di Kota Semarang mengalami kenaikan dengan melihat website resmi DP3A (Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak). Selain itu, dari kasus kekerasan seksual ditemukan adanya relasi kuasa antara korban dan pelaku dengan menggunakan media. Adapun medianya yang peneliti temui yaitu terletak pada persoalan modus (modal dusta), tidak berdayanya seseorang bahkan persoalan cinta menjadikan seseorang tunduk dan patuh terhadapnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kekerasan seksual; Michel Foucault; Relasi kuasa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 101 Theory of philosophy
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.261 Islam and philosophy
300 Social sciences > 360 Social services; association > 364 Criminology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Rahmat Darmawan Nitimartono
Date Deposited: 14 Jul 2023 05:53
Last Modified: 14 Jul 2023 05:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20031

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics