Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa Kelas V peredaran darah pada manusia di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang

Karyani, Karyani (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa Kelas V peredaran darah pada manusia di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096004_Karyani_Full] Text (Skripsi_1803096004_Karyani_Full)
1803096004_Karyani_Full Skripsi - Ukhty Karyani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa.Desain penelitian ini menggunakan rancangan one group posttest only desain. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Purposive Sampling. Sempel yang digunakan adalah kelas V Abdurrahman. Teknik pengumpulan data ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Hasil penelitian tes yang diujikan dengan menggunakan pretest dan posttest. Perhitungan uji hiotesis dengan uji homogenitas (uji f) dengan ɑ=5% menunjukan Fhitung = 1,492 Ftabel = 1,757 yang artinya Fhitung < Ftabel maka data tersebut homogen. Dan untuk uji pengaruh dengan ɑ=5% mendapatkan nilai rbis sebesar 0,8328 dan rtabel sebesar 0,3291 karena nilai rbis ≥ rtabel maka Ho ditolak dan Ha diteima. Hal tersebut menunjukan bahwa penggunaan Model pembelajaran Problem Based Learning mempengaruhi berfikir kritis siswa. Dengan presentase pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Peredaran darah; Berfikir kritis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:48
Last Modified: 13 Jul 2023 07:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20036

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics