Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa Kelas V peredaran darah pada manusia di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang
Karyani, Karyani (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa Kelas V peredaran darah pada manusia di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1803096004_Karyani_Full Skripsi - Ukhty Karyani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa.Desain penelitian ini menggunakan rancangan one group posttest only desain. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Purposive Sampling. Sempel yang digunakan adalah kelas V Abdurrahman. Teknik pengumpulan data ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Hasil penelitian tes yang diujikan dengan menggunakan pretest dan posttest. Perhitungan uji hiotesis dengan uji homogenitas (uji f) dengan ɑ=5% menunjukan Fhitung = 1,492 Ftabel = 1,757 yang artinya Fhitung < Ftabel maka data tersebut homogen. Dan untuk uji pengaruh dengan ɑ=5% mendapatkan nilai rbis sebesar 0,8328 dan rtabel sebesar 0,3291 karena nilai rbis ≥ rtabel maka Ho ditolak dan Ha diteima. Hal tersebut menunjukan bahwa penggunaan Model pembelajaran Problem Based Learning mempengaruhi berfikir kritis siswa. Dengan presentase pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Peredaran darah; Berfikir kritis |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 07:48 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 07:48 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20036 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year