Problematika guru dalam pembelajaran tatap muka terbatas pada muatan pelajaran Bahasa Indoensia di kelas I MI Hidayatus Shibyan Sedan Rembang tahun ajaran 2021/2022

Jannah, Wahyu Nur (2022) Problematika guru dalam pembelajaran tatap muka terbatas pada muatan pelajaran Bahasa Indoensia di kelas I MI Hidayatus Shibyan Sedan Rembang tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096017_Wahyu Nur Jannah_Full] Text (Skripsi_1803096017_Wahyu Nur Jannah_Full)
1803096017_Wahyu Nur Jannah_Full Skripsi - Wahyu Nur Jannah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Apa sajakah problematika yang dialami oleh guru dalam pembelajaran tatap muka terbatas pada muatan pelajaran bahasa Indonesia di Kelas 1 MI Hidayatus Shibyan Sedan Rembang Tahun Ajaran 2021/2022?. 2) Bagaimanakah solusi guru dalam mengatasi problematika pembelajaran tatap muka terbatas pada muatan pelajaran bahasa Indonesia di Kelas 1 MI Hidayatus Shibyan Sedan Rembang Tahun Ajaran 2021/2022?. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan metode mengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan teknis analisis data yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika dan solusi guru dalam pembelajaran tatap muka terbatas muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 MI Hidayatus Shibyan Rembang sebagai berikut: a) Perencanan pembelajaran yaitu dalam pembuatan RPP dengan solusi guru tetap berusaha merencanakan pembelajaran yang baik walaupun hanya di angan-angan saja, pemilihan materi pelajaran dengan solusi sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu memilih materi sesuai dengan jadwal muatan pelajaran yang akan diajarkan, pembuatan media pembelajaran dengan solusi guru menggunakan media yang ada di sekitar, pemilihan metode pembelajaran dengan solusi guru membaca refernsi untuk memilih metode yang cocok dengan siswa. b) Proses pembelajaran yaitu ketika pengkondisian siswa awal pembelajaran dengan solusi guru menarik perhatian anak dengan apa yang biasa disukai, penggunaan media pembelajaran dengan solusi guru tidak sering-sering menggunakan media, siswa yang belum lancar membaca dan menulis dengan solusi guru mengajarkan membaca dan menulis pada saat jam istirahat, dan dalam pelaksanaan PTM terbatas pihak madrasah telah membolehkan siswa dan gurunya tidak menggunakan masker. c) Evalusi pembelajaran yaitu hasil belajar yang kurang maksimal dengan belajar di rumah bersama orang tuanya, dan sulit mengevaluasi siswa yang belum lancar dalam membaca dan menulis dengan solusi guru memperhatikan lebih atau terdapat perlakuan khusus, seperti, diajari membaca dan menulis ketika evalausi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problematika guru; PTM terbatas; Bahasa Indonesia; Kelas 1
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:06
Last Modified: 13 Jul 2023 08:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20038

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics