Pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak materi kalimat thayyibah kelas IV MI Al-Islam Gunungpati tahun pelajaran 2022/2023
Yanti, Siti Khofifah Lili (2022) Pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak materi kalimat thayyibah kelas IV MI Al-Islam Gunungpati tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1803096027_Siti Khofifah Lili Yanti_Full Skripsi - Lily Yanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Model pembelajaran Picture and Picture adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan gambar yang dipasangkan atau diurutkan menjadi bentuk dan urutan yang logis. Model Picture and Picture mengarahkan siswa untuk langsung unjuk kerja dalam proses pembelajaran yang dapat melibatkan semua potensi dirinya sehingga hasil belajar menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah akhlak kelas IV MI Al-Islam Gunungpati Semarang. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode pre-eksperimental dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Sampel seluruh siswa kelas IV MI Al-Islam Gunungpati yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan uji-t dalam tarif signifikansi 5% diperoleh hasil thitung (10,911) > ttabel (2,011), yang berarti bahwa Ha diterima atau terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah adanya perlakuan. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Picture and Picture berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah akhlak materi kalimat thayyibah kelas IV MI Al-Islam Gunungpati Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Picture and picture; Hasil belajar; Siswa; Akidah akhlak |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 08:34 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 08:34 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20040 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year