Strategi dakwah Tarekat Qadiriyah wa Naqshabandiyah al Usmaniyah pada masyarakat urban

Tsalitsah, Fadlilatuts (2022) Strategi dakwah Tarekat Qadiriyah wa Naqshabandiyah al Usmaniyah pada masyarakat urban. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_2001028009_Fadlilatuts_Tsalitsah] Text (Tesis_2001028009_Fadlilatuts_Tsalitsah)
Tesis_2001028009_Fadlilatuts_Tsalitsah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana strategi dan aplikasi gerakan dakwah tarekat Qadiriyah wa Naqshabandiyah Al Usmaniyah sehingga bisa diterima di kalangan masyarakat urban serta memahami bagaimana implikas masyarakat urban terhadap dakwah TQN Al Usmaniyah.Tesis ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi (phenomenological approach). Fenomenologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi sosial, mengingat bahwa obyek yang akan diteliti adalah komunitas tertentu, yakni para pengikut TQN Al Usmaniyah dan jamaah Al Khidmah. Temuan studi ini menyatakan bahwa Strategi yang digunakan gerakan dakwah ini merupakan pendekatan individu dan pendekatan kolektif. Sedangkan aplikasi dakwahnya dikembangkan dalam beberapa bidang diantaranya bidang pendidikan, sosial kemasyarakatan, organisasi, teknologi dan informasi juga kepemudaan.Kunci penerimaan masyarakat perkotaan terhadap TQN Al Usmaniyah karena kegiatan dakwah yang diadakan TQN Al Usmaniyah ini tidak terbatas pada jama’ah yang sudah di baiat saja, akan tetapi, kegiatan dakwah nya bisa diikuti oleh para muhibbin dan jama’ah al khidmah.. TQN Al Usmaniyah menjadi tarekat yang inklusif yang diikuti oleh semua kalangan kelompok usia namun tetap terjaga sakralitasnya.

ABSTRACT:
This study aims to reveal how the strategy and application of the Da'wah movement of the Qadiriyah wa Naqshabandiyah Al Usmaniyah congregation so that it can be accepted among urban communities and understand how urban communities respond to the preaching of TQN Al Usmaniyah. This thesis is a qualitative research using a phenomenological approach. The phenomenology used in this study is social phenomenology, bearing in mind that the object to be studied is a particular community, namely the followers of TQN Al Usmaniyah and the congregation of Al Khidmah. The findings of this study state that the strategy used by the da'wah movement is an individual approach and a collective approach. While the da'wah application was developed in several fields including the fields of education, social society, organization, technology and information as well as youth. However, muhibbin and jama'ah al khidmah can participate in their da'wah activities. TQN Al Usmaniyah is an inclusive congregation that is attended by all age groups but maintains its sacredness.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Tarekat; Qadiriyah wa Maqshabandiyah; Al Usmaniyah; Masyarakat Urban
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 70133 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 15 Jul 2023 01:55
Last Modified: 15 Jul 2023 01:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20046

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics