Bimbingan agama Islam melalui kajian rutin Kitab al-Hikam dalam menumbuhkan moderasi beragama (studi pada jamaah kajian rutin Kitab al Hikam di Musholla Hotel Grasia Semarang)

Umam, Sakti Chiyarul (2022) Bimbingan agama Islam melalui kajian rutin Kitab al-Hikam dalam menumbuhkan moderasi beragama (studi pada jamaah kajian rutin Kitab al Hikam di Musholla Hotel Grasia Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1701016160_SAKTI_CHIYARUL_UMAM_SKRPSI_LENGKAP] Text (1701016160_SAKTI_CHIYARUL_UMAM_SKRPSI_LENGKAP)
1701016160_Sakti Chiyarul Umam_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Bimbingan agama Islam dapat menjadi salah satu upaya untuk menanamkan moderasi beragama pada masyarakat, khususnya pada masyarakat kota yang semangat keagamaannya tidak sebanding dengan wawasan keagamaanya. Salah satu bentuk bimbingan agama yang dapat dihadirkan ditengah masyarakat kota ialah seperti penyelenggaraan kajian-kajian kitab seperti salah satunya kajian rutin kitab Al Hikam di Musholla Hotel Grasia. Kitab Al Hikam merupakan salah satu kitab tasawuf yang popular di telinga masyarakat Indonesia khususnya di pondok-pondok pesantren. Selain membahas tasawuf, kitab Al Hikam juga memuat pembahasan mengenai akhlak, baik itu kepada Allah Swt maupun kepada sesama manusia. Berkaitan moderasi beragama yang memuat pemahaman sikap beragama yang inklusif dan tidak ekstrem, sangat pas jika dijadikan sebagai sarana untuk menamakan moderasi beragama kepada masyarakat.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus yang menitik beratkan pada studi lapangan secara faktual. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi partisipan, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kajian kitab al hikam yang dilaksanakan secara rutin dan terus menerus selain dapat disebut sebagai aktivitas dakwah juga dapat disebut sebagai bimbingan agama Islam kepada masyarakat. Kajian rutin ini bertujuan untuk membina masyarakat baik secara pengetahuan maupun praktik beragama yang rahmatan lil alamin. Kemudian Kitab Al Hikam sebagai materi kajian amat cocok dengan tema moderasi beragama karena didalamnya yang memuat pengajaran ilmu tasawuf, aqidah, ibadah dan akhlak yang moderat. Metode penyampaian bimbingan berdasakan teori komunikasi dikalukan secara langsung dan tidak langsung. Selain itu juga dilakukan metode pendampingan praktik seperti pelayanan ambulance gratis dan bersedekan tidak terbatas di lembaga penyelenggara kajian dan dapat berbentuk sumbangsih dana dan tenaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Bimbingan Agama Islam; Moderasi Beragama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 15 Jul 2023 04:28
Last Modified: 15 Jul 2023 04:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20048

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics