Bimbingan life skill sebagai upaya meningkatkan kreativitas penyandang disabilitas intelektual di sentra terpadu kartini Temanggung

Nisa, Nurul Fadhilatun (2022) Bimbingan life skill sebagai upaya meningkatkan kreativitas penyandang disabilitas intelektual di sentra terpadu kartini Temanggung. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1801016016_Nurul_Fadhilatun_Nisa] Text (SKRIPSI_1801016016_Nurul_Fadhilatun_Nisa)
1801016016_Nurul Fadhilatun Nisa_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Judul “BIMBINGAN LIFE SKILL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL DI SENTRA TERPADU KARTINI TEMANGGUNG”. Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang Tahun 2022. Penulis : Nurul Fadhilatun Nisa NIM : 1801016016.
Penelitian ini untuk menjawab permasalahan terkait penyandang disabilitas intelektual yang sering mengalami deskriminasi dilingkungannya terutama terkait pekerjaan. Seiring berjalannya waktu, masalah tersebut belum juga menemukan titik terang. Salah satu upaya untuk menangani permasalahan tersebut yaitu adanya campur tangan Pemerintah dalam melakukan rehabilitasi sosial berupa bimbingan life skill terhadap penyandang disabilitas agar disabilitas mampu untuk hidup secara mandiri. Maka dari itu penulis mengangkat rumusan masalah berupa : 1. Bagaimana bentuk dan tahapan pelaksanaan bimbingan life skill bagi penyandang disabilitas intelektual di Sentra Terpadu Kartini Temanggung; 2. Bagaimana upaya bimbingan life skill dalam meningkatkan kreativitas bagi penyandang disabilitas intelektual di Sentra Terpadu Kartini Temanggung ?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan study kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun subjek yang diteliti adalah kegiatan bimbingan life skill, pembimbing, penyandang disabilitas intelektual. Dari data yang terkumpul selanjutnya akan dianalisis menggunakan model Milles dan Huberman yaitu : reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan proses pelaksanaan bimbingan life skill bagi penyandang disabilitas intelektual di Sentra Terpadu Kartini temanggung. Bentuk bimbingan life skill yang diberikan berupa bimbingan mental spiritual, bimbingan psikososial, bimbingan kognitif, bimbingan bina diri, menjahit, loundry, tata boga dan handycraft. Adapun upaya bimbingan life skill dalam meningkatkan kreativitas penyandang disabilitas intelektual menggunakan strategi menciptakan produk (hasta karya), eksplorasi, imajinasi, proyek eksperimen, musik, dan bahasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Life Skill; Penyandang Disabilitas Intelektual; Kreativitas
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.9 People by occupation and miscellaneous social statuses
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 15 Jul 2023 07:12
Last Modified: 15 Jul 2023 07:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20051

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics