Bimbingan psikososial dalam membentuk keterampilan sosial penyandang disabilitas intelektual di Sentra Terpadu Kartini Temanggung

Pratama, Rangga (2022) Bimbingan psikososial dalam membentuk keterampilan sosial penyandang disabilitas intelektual di Sentra Terpadu Kartini Temanggung. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1801016021_RANGGA_PRATAMA] Text (SKRIPSI_1801016021_RANGGA_PRATAMA)
1801016021_Rangga Pratama_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Keadaan Negara Indonesia telah membawa banyak masalah bagi masyarakat Indonesia, salah satunya adalah masalah sosial, dan salah satunya masalah soaial di Indonesia adalah penyandang disabilitas.Masih banyak penyandang disabilitas yang tidak mendapatkan bantuan kesejahteraan social yang semestinya. Padahal seharusnya penyandang disabilitas dapat menikmati hak maupun kewajiban yang sama dengan manusia normal lainnya.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan lapangan. Sumber data primer penelitian ini adalah pembimbing, pengurus, dan juga penyandang disabilitas intelektual di Sentra Terpadu Kartini Temanggung.Untuk sumber data sekunder menggunakan penelitian terdahulu, jurnal, maupun buku yang relevan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian ini adalah: 1)Pelaksanaan Bimbingan Psikososial di Sentra Terpadu Kartini Temanggung menggunakan tiga bentuk terapi yaitu terapi perilaku, terapi emosi dan terapi kognitif..Sebelum diberikan bimbingan psikososial pada penyandang disabilitas intelektual mengalami keadaan seperti sulitnya berinteraksi dengan lingkungannya, mudah tersinggung, pendiam, dan pemalu.Sedangkan setelah diberikan bimbingan psikososial pada anak penyandang disabilitas intelektual mereka dapat mengeksplor diri dengan kompetensi yang di miliki, dapat berinteraksi dengan orang lain, meningkatnya keterampilan dalam berkomunikasi, dan juga mampu menerima kritik maupun saran dari orang-orang yang ada disekitarnya.2) faktor pendukung yang meliputi keluarga, pekerja sosial, pengampu, serta sistem pelajaran yang diterapkan yaitu sistem ajar, latih, dan ulang. Untuk faktor penghambatnya adalah, waktu yang cukup singkat,, keterbatasan daya ingat dan kurangnya dukungan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Psikososial; Keterampilan Sosial; Disabilitas Intelektual
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.9 People by occupation and miscellaneous social statuses
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 15 Jul 2023 07:33
Last Modified: 15 Jul 2023 07:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20052

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics