Penerapan strategi digital marketing pada penggunaan platform Gofood, Grabfood dan Shopeefood terhadap peningkatan pendapatan bisnis kuliner : studi kasus Bangku Pawon Ngaliyan
Firdaus, Kamaludin (2022) Penerapan strategi digital marketing pada penggunaan platform Gofood, Grabfood dan Shopeefood terhadap peningkatan pendapatan bisnis kuliner : studi kasus Bangku Pawon Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
skripsi_1805026069_Kamaludin_Firdaus.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan digital marketing yang tumbuh sangat signifikan, mempermudah pelaku usaha bisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Bagi pelaku bisnis di bidang usaha kuliner, sangat dipermudah untuk memasarkan dan mengembangkan bisnisnya dengan munculnya platform GoFood, GrabFood dan ShopeeFood yang merupakan sebuah platform pesan antar makanan secara online yang dikembangkan oleh aplikasi Gojek, Grab dan Shopee. Dengan keberadaannya ketiga platform tersebut sangat membantu pelaku usaha bisnis kuliner dalam menjalankan bisnisnya. Bagi pelaku bisnis kuliner yang tidak memiliki outlet atau toko untuk menjual produknya seperti bisnis kuliner Bangku Pawon Ngaliyan, penggunaan platform pesan antar makanan online tersebut sangat membantu untuk mereka bisa memasarkan produknya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yang pertama, tentang bagaimana penerapan strategi digital marketing yang dilakukan oleh bisnis kuliner Bangku Pawon Ngaliyan dalam upaya meningkatkan pendapatan serta kedua, tentang bagaimana dampak penggunaan GoFood, GrabFood dan ShopeeFood dalam peningkatan pendapatan yang diperoleh bisnis kuliner Bangku Pawon Ngaliyan setelah memakai platform tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Jenis dan sumber data menggunakan data primer yang merupakan data yang dikumpulkan langsung dari sumber utamanya dan data sekunder yang merupakan berbagai data yang telah ada sebelumnya dan digunakan peneliti untuk melengkapi data. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi dengan cara mengumpulkan informasi data tentang objek penelitian yang kemudian menganalisanya untuk menjawab permasalahan yang terjadi pada usaha kuliner Bangku Pawon Ngaliyan.
Hasil penelitian ini menunjukkan pertama, Bangku Pawon Ngaliyan telah menjalankan sebuah strategi digital marketing dengan cara menentukan produk yang dijual, menentukan harga yang dipasarkan, menentukan target pasar serta mempromosikan produknya. Kedua, ampak penggunaan GoFood, GrabFood dan ShopeeFood mampu meningkatkan pendapatan yang diperoleh Bangku Pawon Ngaliyan dengan pendapatan sebelumnya rata-rata perbulan hanya Rp.2.200.000 dan pendapatan setelah menggunakan platform rata-rata perbulannya Rp.4.900.000. Persentase kenaikan pendapatan yang diperoleh Bangku Pawon Ngaliyan tersebut sebesar 145%, hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan platform GoFood, GrabFood dan ShopeeFood berdampak sangat positif dan mampu meningkatkan pendapatan yang diperoleh Bangku Pawon Ngaliyan.
ABSTRACT
The development of digital marketing has grown very significantly, making it easier for business people to develop their business. For business people in the culinary business, it is greatly facilitated to market and develop their business with the emergence of the GoFood, GrabFood and ShopeeFood platforms, which are online food delivery platforms developed by the Gojek, Grab and Shopee applications. With the existence of these three platforms, it is very helpful for culinary business actors in running their business. For culinary business people who don't have outlets or shops to sell their products, such as the Bangku Pawon Ngaliyan culinary business, using this online food delivery platform is very helpful for them to be able to market their products.
This study aims to find out, firstly, about how the digital marketing strategy is implemented by the Bangku Pawon Ngaliyan culinary business in an effort to increase revenue and secondly, about the impact of using GoFood, GrabFood and ShopeeFood in increasing the income earned by the Bangku Pawon Ngaliyan culinary business after using the platform.
This research uses descriptive qualitative method. Types and sources of data using primary data which is data collected directly from the main source and secondary data which is a variety of data that has existed before and is used by researchers to complete the data. Data collection techniques are in the form of interviews and documentation by collecting data information about the research object which is then analyzed to answer problems that occur in the Benku Pawon Ngaliyan culinary business.
The results of this study show that first, Pawon Ngaliyan Bench has implemented a digital marketing strategy by determining the products to be sold, determining the prices to be marketed, determining the target market and promoting their products. Second, the impact of using GoFood, GrabFood and ShopeeFood was able to increase the income earned by Bench Pawon Ngaliyan with an average monthly income of only IDR 2,200,000 and income after using the platform with an average monthly income of IDR 4,900,000. The percentage increase in revenue earned by Pawon Ngaliyan Bench was 145%, this shows that the use of the GoFood, GrabFood and ShopeeFood platforms had a very positive impact and was able to increase the income earned by Pawon Ngaliyan Bench.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital marketing; Bisnis kuliner; GoFood; GrabFood; ShopeeFood |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Muhammad Mikail Azka |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 06:33 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 06:33 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20066 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year