Praktik pembacaan Surat Al-Hujurat di Ponpes Darul Falah Amtsilati Bangsri Jepara : studi living Qur’an

Jalaludin, Riqqi (2022) Praktik pembacaan Surat Al-Hujurat di Ponpes Darul Falah Amtsilati Bangsri Jepara : studi living Qur’an. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1704026158_Riqqi_Jalaludin] Text (Skripsi_1704026158_Riqqi_Jalaludin)
Skripsi_1704026158_Riqqi_Jalaludin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pada era zaman saat ini banyak berkembang yang menekankan pada sebuah aspek terhadap respon masyarakat atas kehadiran Al-Qur’an yang biasa disebut dengan istilah Living Qur’an atau Al-Qur’an in everyday life. Kajian kajian Living Qur’an dapat dimanfaatlkan dalam kepentingan pemberdayaan masyarakat atau untuk berdakwah, sehingga dapat dimaksimalkan dalam mengapresiasi Al-Qur’an. Selain itu, dalam memberi paradigma baru bagi para pengembang kajian Al-Qur’an di era kontemporer ini, Study Qur’an tidak hanya berkutat dalam wilayah kajian teks saja. Dalam skripsi ini menggunakan pendekatan Living Qur’an dengan jenis penelitian kualitatif, yaitu sebuah penelitian atau kajian ilmiah yang membahas peristiwa sosial aama yang terkait dengan hadirnya Al-Qur’an serta keberadaan Al-Qur’an sendiri terutama dalam surat Al-Hujurat di pondok pesantren Darul falah Amtsilati, Bangsri, Jepara.
Hasil dari penelitian ini adalah Praktik Pembacaan Surat Al-Hujurat Ayat 6,10,11,12,13 di Ponpes Darul Falah Amtsilati Bangsri Jepara dilaksanakan setiap selesai sholat, dilakukan secara bersama-sama dengan diikuti para santri darul falah amtsilati. Serta Makna Pembacaan Surat Al-Hujurat di Ponpes dijelaskan berdasarkan schutz yang terbagi menjadi dua macam yakni makna subyektif dan obyektif. Sebagaimana yang pertama makna subyektif terdapat dampak didalam santri pada keruhanian, yakni hati para santri menjadi tenang dan tentram serta pikiranya lebih positif dalam menanggapi berbagai masalah terkait sosial keagamaan. Sedangkan makna Obyektif adanya sebuah unsur keteladanan, nasihat, dan sebuah pembiasaan untuk para santri agar intisari surat Al-Hujurat bisa masuk dan tertanam di pikiran alam bawah sadar para santri tersendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembacaan Al-Quran; Surat Al-Hujurat; Pondok pesantren; Living Quran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Rahmat Darmawan Nitimartono
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:12
Last Modified: 20 Jul 2023 09:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20070

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics