Pengembangan tes e-diagnostik empat tingkat berbasis web untuk mengungkap miskonsepsi mahasiswa calon guru fisika pada materi termodinamika

Rofiudin, M (2022) Pengembangan tes e-diagnostik empat tingkat berbasis web untuk mengungkap miskonsepsi mahasiswa calon guru fisika pada materi termodinamika. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1708066069_M Rofiudin_Full_Skripsi.pdf] Text
1708066069_M Rofiudin_Full_Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan 4 TMC (Tier Multiple Choice) berbasis web untuk menentukan karakteristik butir soal 4 TMC dan mengidentifikasi profil miskonsepsi mahasiswa pada materi Termodinamika. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&D). Instrumen 4 TMC dikemas dalam bentuk web yang dibangun dengan bahasa pemrograman PHP. Uji coba dilakukan pada mahasiswa semester 7 dan uji lapangan akhir adalah mahasiswa semester 9, 5, dan 3 Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, tes, wawancara, dan angket. Tes 4 TMC (Tier Multiple Choice) terdiri atas empat pertanyaan meliputi: soal dengan pilihan jawaban, pilihan tingkat keyakinan jawaban, pilihan alasan dan pilihan tingkat keyakinan alasan. Soal tes 4 TMC berbasis web dinyatakan valid oleh ahli materi dan ahli evaluasi dengan persentase masing-masing sebesar 84,21% dan 95,89%. Nilai koefisien Alpha Cronbach tes 4 TMC berbasis web sebesar 0,903. Soal yang dikembangkan terdiri atas dua soal mudah, 18 soal sedang, dan 21 soal sukar. Analisis daya beda soal menunjukkan satu soal diterima, tiga soal diterima dengan perbaikan, delapan soal diperbaiki, dan 29 soal harus dibuang. Hasil tes menunjukkan terdapat delapan profil miskonsepsi mahasiswa yang ditemukan pada lima sub indikator materi Termodinamika. Temuan miskonsepsi mahasiswa tertinggi terjadi pada konsep sistem terisolasi dengan persentase sebesar 94%. Miskonsepsi mahasiswa terendah ditemukan pada konsep gas ideal sebesar 35%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: 4 TMC berbasis web; Miskonsepsi; Termodinamika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:27
Last Modified: 18 Jul 2023 07:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20072

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics