Konsep Al-Ḥaq dalam Al-Qur’an : pendekatan semantik

Ulil Albab, Muhammad (2022) Konsep Al-Ḥaq dalam Al-Qur’an : pendekatan semantik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804026058_Muhammad_Ulil_Albab] Text (Skripsi_1804026058_Muhammad_Ulil_Albab)
Skripsii_1804026058_Muhammad_Ulil_Albab_Lengkap Tugas Akhir - Muhammaad Ulil Albab.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dalam Al-Qur’ān kebenaran/benar identik diungkapkan dengan kata Al- Ḥaq padahal ada makna lain yang dituju selain makna tersebut. Dengan kata lain ada beragam makna yang diungkapkan Allah melalui Al-Qur’ān terhadap kata Al- Ḥaq karena pada dasarnya setiap kata dalam Al-Qur’ān mempunyai kegunaannya masing-masing. Fokus permasalahan dalam penilitian ini adalah bagaimana makna dasar, relasional, sinkronik, diakronik, dan weltanshauung atau pandangan dunia dari kata Al-Ḥaq. Dalam penelitian ini juga bertujuan untuk memafahamkan masyarakat bagaimana konsep weltanshauung (pandangan dunia) dari kata Al-Ḥaq serta mengetahui proses pergeseran makna dari Al-Ḥaq.
Penelitian ini berjenis pustaka (library research) dengan menggunakan teknik dokumentasi. Data untuk pendukung penelitian ini berupa data primer yang terdiri dari kitab suci Al-Qur’ān, terjemah, dan kamus-kamus. Sedangkan untuk data sekundernya ialah buku-buku, jurnal dan kitab - kitab yang mendukung penelitian tersebut. Semua data tersebut diolah menggunakan metode deskriptif dan mengguakan pendekatan Semantik Toshihiko Izutsu
Penelitian ini menghasilkan makna dasar dari Al- Ḥaq ialah benar sedangkan makna relasionalnya ialah Allah, Islam, Al-Qur’ān, adil, benar, hari kiamat, sesuatu yang pasti terjadi, bagian, harta, ketauhidan, dan keinginan. Ditemukan adanya pergeseran makna pada sinkronik dan diakroniknya, yaitu pada masa pra Qur’anik kata Al- Ḥaq berarti sesuatu yang seharusnya terjadi, sedangkan pada Qur’anik kata Al- Ḥaq berkembang menjadi beberapa makna yang sudah disebutkan di atas. Sehingga ditemukan makna weltaschauung dari kata Al- Ḥaq ialah sebuah penekanan pada kebenaran jika diletakkan kepada Tuhan maka Dzat yang maha kebenaran mutlak. Jika selain Tuhan maka sesuatu yang pasti kebenarannya dan tak bisa dihindari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Al-Ḥaq; Tafsir Al-Quran; Toshihiko Izutsu; Semantik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Rahmat Darmawan Nitimartono
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:01
Last Modified: 24 Jul 2023 03:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20083

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics