Pembelajaran PAI berbasis problem based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di SMAN 1 Kendal

Nurhayati, Aziza (2022) Pembelajaran PAI berbasis problem based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di SMAN 1 Kendal. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_2003018018_Aziza_Nurhayati] Text (Tesis_2003018018_Aziza_Nurhayati)
Tesis_2003018018_Aziza_Nurhayati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Masyarakat di abad 21 harus memiliki kemampuan dan keterampilan untuk hidup berdampingan dengan kemajuan teknologi. Salah satu keterampilan yang perlu ditingkatkan adalah keterampilan berpikir kritis. Peningkatan keterampilan ini dapat dilakukan dalam pembelajaran di kelas. Studi ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pembelajaran PAI berbasis problem based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, 2) mengevaluasi keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PAI berbasis problem based learning, dan 3) menganalisis implikasi pembelajaran PAI berbasis problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Untuk menemukan berbagai data-data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Kajian ini menunjukan bahwa; 1) pembelajaran PAI berbasis problem based learning berfokus pengorientasian siswa pada masalah. Melalui pembelajaran tersebut, siswa dibimbing untuk mengidentifikasi, menganalisis, menyimpulkan, dan memberikan solusi terhadap problematika yang berkaitan dengan materi pembelajaran. 2) Keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA 1 – XI MIPA 4 berada pada kategori baik. Sebesar 72% siswa berada pada kategori sedang, 14% siswa berada pada kategori tinggi, dan 14% siswa berada pada kategori rendah. 3) Pembelajaran PAI berbasis problem based learning menjadi salah satu faktor yang berimplikasi terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.

ABSTRACT:
Society in the 21st century must have the ability and skills to coexist with technological advances. One of the skills that need to be improved is critical thinking skills. This skill improvement can be done in classroom learning. This study aims to: 1) find out problem-based learning-based PAI learning in improving critical thinking skills, 2) evaluate students' critical thinking skills in problem-based learning-based PAI learning, and 3) analyze the implications of problem-based learning-based PAI learning on students' critical thinking skills. To find the various data needed, researchers use qualitative research with data collection methods in the form of questionnaires, observations, interviews, and documentation studies.
This study shows that; 1) problem-based learning focuses on orienting students to problems. Through this learning, students are guided to identify, analyze, conclude, and provide solutions to problems related to learning materials. 2) The critical thinking skills of class XI MIPA 1 – XI MIPA 4 students are in a good category. 72% of students are in the medium category, 14% of students are in the high category, and 14% of students are in a low category. 3) Problem-based learning is one of the factors that have implications for improving students' critical thinking skills.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Abad 21; Pembelajaran; PAI; Problem based learning; Berpikir kritis
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:30
Last Modified: 21 Jul 2023 03:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20086

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics