Manajemen pendidikan lingkungan hidup di MI Negeri 1 Semarang

Musyaffa', M. Faiz Ali (2022) Manajemen pendidikan lingkungan hidup di MI Negeri 1 Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_2003038001_M._Faiz_Ali_Musyaffa'] Text (Tesis_2003038001_M._Faiz_Ali_Musyaffa')
Tesis_2003038001_M._Faiz_Ali_Musyaffa'.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan lingkungan hidup yang terjadi di Negara Indonesia dan di lembaga pendidikan formal yang kurang memperhatikan lingkungan hidupnya, Disamping itu, manajemen yang mengatur terlaksananya pendidikan lingkungan hidup di madrasah masih belum membangun pendidikan yang berwawaskan lingkungan hidup. Sehingga penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan yang berkaitan dengan manajemen pendidikan lingkungan hidup melalui proses penentuan kerangka kerja yang berfokus pada tujuan jangka panjang madrasah, serta upaya mencapai sebuah target yang telah ditentukan melalui fungsi manajemen. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan: 1) Bagaimana konsep pendidikan lingkungan hidup, 2) Bagaimana implementasi manajemen pendidikan lingkungan hidup.
Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian kualitatif deskriptif. Pendidikan lingkungan merupakan proses pembelajaran yang bertujuan untuk memperoleh perilaku pada individu dengan memasukkan informasi, kesadaran, penyeimbangan, pengembangan, perlindungan melalui proses fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan lingkungan hidup di MIN 1 Semarang merupakan pendidikan yang diarahkan kepada siswa untuk bisa mengenal lingkungan hidup. Berdasarkan tujuan pendidikan lingkungan hidup agar siswa memperoleh kesadaran dan kepekaan terhadap lingkungan serta permasalahannya. Serta memberikan manfaat bagi madrasah karena dapat menjadikan madrasah hijau, asri, serta enak dipandang. MIN 1 Semarang telah memenuhi komponen-komponen fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi yang terintegrasi dengan wawasan lingkungan hidup, yang memberikan dampak positif bagi siswa serta mampu memperoleh kesadaran sikap peduli terhadap lingkungan hidup.

ABSTRACT:
This research is motivated by the existence of environmental problems that occur in the State of Indonesia and in formal educational institutions that pay little attention to their environment. Besides that, the management that regulates the implementation of environmental education in madrasas has not yet built an education that is environmentally sound. So this research is intended to answer problems related to environmental education management through the process of determining a framework that focuses on the long-term goals of madrasas, as well as efforts to achieve a predetermined target through the management function. This research is intended to answer the questions: 1) How is the concept of environmental education, 2) How is the implementation of environmental education management.
The type of research used is descriptive qualitative research. Environmental education is a learning process that aims to acquire behavior in individuals by incorporating information, awareness, balancing, development, protection through the process of management functions namely planning, organizing, implementing, and evaluating. The results of this study indicate that the concept of environmental education at MIN 1 Semarang is education that is directed to students to be able to get to know the environment. Based on the objectives of environmental education so that students gain awareness and sensitivity to the environment and its problems. As well as providing benefits for madrasas because they can make madrasas green, beautiful, and pleasing to the eye. MIN 1 Semarang has fulfilled the components of the management function which includes planning, organizing, implementing, and evaluating integrated with environmental insight, which has a positive impact on students and is able to gain awareness of caring attitudes towards the environment.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pendidikan lingkungan hidup; Madrasah ibtidaiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:45
Last Modified: 21 Jul 2023 03:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20087

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics