Pengaruh pengetahuan produk dan pemahaman keagamaan terhadap keputusan membeli makanan halal dengan kesadaran halal (halal awwarnes) sebagai variabel intervening : studi masyarakat muslim Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang
Jannati, Roundhotu (2022) Pengaruh pengetahuan produk dan pemahaman keagamaan terhadap keputusan membeli makanan halal dengan kesadaran halal (halal awwarnes) sebagai variabel intervening : studi masyarakat muslim Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Tesis_2105028007_Roundhotu_Jannati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan teori gabungan dua teori yaitu theory of planned behavior (TPB) dan maqasid syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk dan pemahaman keagamaan terhadap keputusan pembelian dan mengetahui pengaruh pengetahuan produk dan pemahaman keagamaan terhadap keputusan pembelian dengan halal awareness sebagai variabel intervening.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang disebarkan kepada responden dengan teknis purpose sampling. Populasi pada penelitian ini yaitu masyarakat kecamatan sumber yang berumur 15 tahun keatas, beragama islam. Sampel yang digunakan sebesar 100 data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan pertanyaan tertutup. Penelitian ini menggunakan teknik analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan software Smart-PLS.
Hasil pengujian membuktikan bahwa pengetahuan produk berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Pemahaman keagamaan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengetahuan produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian (halal awareness). Pemahaman keagamaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian (halal awareness) bahwa pengetahuan produk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kesadaran halal (halal awareness). Pemahaman keagamaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian pembelian melalui kesadaran halal (halal awareness). kesadaran halal (halal awareness) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.
ABSTRACT :
This study uses a combined theory of two theories, namely the theory of planned behavior (TPB) and maqasid sharia. This study aims to determine the effect of product knowledge and religious understanding on purchasing decisions and to determine the effect of product knowledge and religious understanding on purchasing decisions with halal awareness as an intervening variable.
The research method used in this research is quantitative. This study uses primary data which is distributed to respondents with technical purpose sampling. The population in this study is the people of the Sumber sub-district who are 15 years and older. The sample used is 100 data obtained through questionnaires with closed questions. This study used the SEM (Structural Equation Modeling) analysis technique with the Smart-PLS software.
The test results prove that product knowledge has no significant negative effect on purchasing decisions. Religious understanding has a significant positive effect on purchasing decisions. Product knowledge has a significant positive effect on purchasing decisions (halal awareness). Religious understanding has no significant positive effect on purchasing decisions (halal awareness) that product knowledge has no significant positive effect on purchasing decisions through halal awareness (halal awareness). Religious understanding has no significant positive effect on purchasing decisions through halal awareness. Halal awareness (halal awareness) has a significant positive effect on purchasing decisions.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan produk, pemahaman keagamaan, keputusan pembelian, kesadaran halal (halal awareness) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 60102 - Ekonomi Syariah (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 07:48 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 02:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20095 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year