Analisis eksternalitas peternakan ayam ras petelur terhadap sosial ekonomi masyarakat dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus di Desa Sidomakmur Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal

Wafa, Siril (2023) Analisis eksternalitas peternakan ayam ras petelur terhadap sosial ekonomi masyarakat dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus di Desa Sidomakmur Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805026152_Siril_Wafa] Text (Skripsi_1805026152_Siril_Wafa)
Skripsi_1805026152_Siril_Wafa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Terdapat eksternalitas yang tidak dapat dihindari bagi orang lain dan lingkungan sekitar dalam setiap kegiatan usaha, baik itu usaha peternakan ayam skala kecil maupun skala besar. Eksternalitas merupakan kebutuhan yang perlu diketahui oleh para pelaku ekonomi. Eksternalitas merupakan dampak positif atau negatif dari keberadaan suatu bisnis. Eksternalitas negatif adalah apabila pengaruh eksternalitas tersebut bersifat merugikan. Sebaliknya, jika pengaruh itu menguntungkan, maka disebut sebagai eksternalitas positif. Kegiatan usaha akan memiliki efek positif dan negatif. Di Desa Sidomakmur, ayam petelur dipelihara di tengah-tengah lingkungan yang secara langsung maupun tidak langsung berdampak pada kondisi sosial ekonomi masyarakat. Pencemaran lingkungan merupakan salah satu eksternalitas negatif yang ditimbulkan oleh peternakan ayam yang terletak dekat dengan pemukiman penduduk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui eksternalitas keberadaan peternakan ayam ras petelur terhadap keadaan sosial ekonomi masyarakat di Desa Sidomakmur.
Penelitian lapangan dengan metodologi deskriptif adalah jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk memperoleh data, meliputi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Metode analisis data meliputi reduksi data, visualisasi data, dan penarikan kesimpulan.
Temuan menunjukkan bahwa polusi udara dan kebisingan adalah eksternalitas negatif yang ditimbulkan dari peternakan ayam ras petelur. Sedangkan eksternalitas positif dari peternakan ayam ras petelur antara lain terciptanya peluang usaha baru, tersedianya pupuk kandang, ayam petelur afkir (ayam petelur yang sudah tua) dijual dengan harga lebih murah, dan terciptanya lapangan kerja. Sosial ekonomi masyarakat di Desa Sidomakmur dipengaruhi oleh eksternalitas yang ditimbulkan oleh peternakan ayam ras petelur. Dalam penelitian ini kondisi sosial ekonomi diukur dengan menggunakan lima indikator yaitu pendidikan, mata pencaharian, pendapatan, kesehatan, dan kepemilikan fasilitas hidup. Apabila dikaitkan dengan prinsip ekonomi Islam, secara langsung maupun tidak langsung telah mempraktekkan prinsip keadilan, prinsip ta’awun, dan prinsip maslahat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Eksternalitas; Peternakan; Ayam Ras Petelur; Sosial Ekonomi; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Mikail Azka
Date Deposited: 24 Jul 2023 10:00
Last Modified: 24 Jul 2023 10:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20121

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics