Pengaruh layanan paid promote dan kualitas copywriting akun Auto Base Twitter terhadap minat followers : studi lasus pada layanan paid promote akun Auto Base/Menfess Twitter @uinwsfess
Dwiguna, Gilang Dewanda (2023) Pengaruh layanan paid promote dan kualitas copywriting akun Auto Base Twitter terhadap minat followers : studi lasus pada layanan paid promote akun Auto Base/Menfess Twitter @uinwsfess. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1905026055_Gilang_Dewanda_Dwiguna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Kemajuan teknologi saat ini mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan manusia. Salah satunya dalam aspek komunikasi dan sistem informasi, termasuk pada jejaring media sosial. Banyak Developer memunculkan temuan fitur baru untuk membantu para pengguna dalam pemakaiannya. Salah satunya sistem BOT yang diimplementasikan pada akun Autobase/Menfess (Mention & Confess) dalam aplikasi Twitter. Akun Autobase ini banyak digunakan sebagai salah satu alat bantu bagi pengguna Twitter dalam berbagi dan mendapatkan suatu informasi. Termasuk diantaranya akun autobase @uinwsfess. Selain itu akun ini menyediakan layanan Paid Promote yang didukung dengan kualitas Copywriting untuk membantu pelaku usaha dalam memasarkan produknya kepada pengikut akun tersebut. Meski begitu, terdapat indikasi apakah para pengikut akun @uinwsfess memiliki minat terhadap sesuatu yang dipromosikan oleh akun @uinwsfess? Adanya indikasi tersebut menjadi dasar penelitian ini diteliti lebih lanjut untuk mengetahui apakah layanan Paid Promote, dan kualitas Copywriting berpengaruh terhadap minat Followers.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ‘Pengaruh Layanan Paid Promote dan Kualitas Copywriting Akun Auto Base Twitter Terhadap Daya Tarik Minat Followers (Studi pada Akun Auto Base/Menfess Twitter @uinwsfess)’. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diolah dengan total sampel sebanyak 100 responden dari total populasi pengikut akun autobase Twitter yang berjumlah 10.500 pada bulan November 2022. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Simple Random Sampling. Analisis data dalam penelitian ini meliputi; statistik deskriptif, uji instrument, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 26.
Berdasarkan nilai dari t hitung penelitian ini menunjukan angka sebesar 2,146, dan 11,060 angka tersebut lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,985. Artinya, variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen. Sementara, nilai F hitung (225,535) > F tabel (3.09), artinya secara simultan variabel layanan Paid Promote dan kualitas Copywriting secara simultan berpengaruh signifikan terhadap daya tarik. Adapun nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,823. Artinya variabel Layanan Paid Promote dan Kualitas Copywriting berpengaruh terhadap Minat Followers sebesar 82,3%. Sedangkan sisanya 17,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
ABSTRACT:
Technology advancements today have an impact on many facets of daily life. One of them is in the aspect of communication and information systems, including social media networks. To assist users in using new features, many developers present their findings. One of them is the BOT system that is implemented on Autobase/Menfess (Mention & Confess) accounts in the Twitter application. This Autobase account is widely used as a tool for Twitter users in sharing and obtaining information. Including the autobase @uinwsfess account. In addition, this account provides Paid Promote services which are supported by Copywriting quality to assist businesses in marketing their products to followers of that account. Even so, there are indications whether followers of the @uinwsfess account have an interest in something promoted by the @uinwsfess account? The existence of these indications is the basis for this research to be further investigated to find out whether Paid Promote services, and the quality of Copywriting affect Followers' interest.
The purpose of this study was to find out 'The Effect of Paid Promote Services and Copywriting Quality of Twitter Auto Base Accounts on Attracting Followers' Interest (Studies on Auto Base / Menfess Twitter Accounts @uinwsfess)'. The type of research used in this research is quantitative. The data used in this study used primary data which was processed with a total sample of 100 respondents from a total population of 10,500 autobase Twitter followers in November 2022. The sampling technique in this study used the Simple Random Sampling method. Data analysis in this study includes; descriptive statistics, instrument test, classic assumption test, and hypothesis testing using SPSS version 26.
Based on the value of the t count, this study shows a number of 2.146, and 11.060, this number is greater than the t table value of 1.985. That is, the independent variable has a positive and significant effect on the dependent variable. Meanwhile, the calculated F value (225.535) > F table (3.09), means that simultaneously the Paid Promote service variable and Copywriting quality simultaneously have a significant effect on attractiveness. The value of the coefficient of determination is 0.823. This means that the Paid Promote Service and Copywriting Quality variables affect Follower Interest by 82.3%. While the remaining 17.7% is influenced by other variables not examined in this study.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promosi Berbayar; Kualitas; Copywriting; Minat followers; Twitter |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Muhammad Mikail Azka |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 09:08 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 09:08 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20137 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year