Makna rezeki pada QS. Ath-Thalaq ayat 2-3 : studi komparasi menurut Buya Hamka dan Quraish Shihab

Baihaqi, Ade Ahmad (2022) Makna rezeki pada QS. Ath-Thalaq ayat 2-3 : studi komparasi menurut Buya Hamka dan Quraish Shihab. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804026178_Ade_Ahmad_Baihaqi] Text (Skripsi_1804026178_Ade_Ahmad_Baihaqi)
Skripsi_1804026178_Ade_Ahmad_Baihaqi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Fenomena sosial yang terjadi pada saat ini, banyak umat muslim yang menjadikan ayat Al-Qur’an sebagai amalan sehari-hari dan menjadikannya wirid. Namun yang sering kita jumpai, kebanyakan dari mereka lebih mementingkan khasiat dari apa yang dibaca tanpa memahami ayat tersebut secara kontekstual. Berkaitan dengan hal ini, tidak terlepas dari QS. Ath-Thalaq ayat 2-3 yang sebagian umat muslim khususnya di Indonesia menyebutnya ayat seribu dinar. Hamka menjadikan ayat ini sebagai pimpinan dalam berumahtangga dan Quraish Shihab mengatakan ayat tersebut tidak menjadikanmu kaya. Lalu bagaimana penafsiran terkait makna rezeki pada ayat tersebut?. Penelitian ilmiah ini membahas bagaimana makna rezeki yang didapati dalam tafsir QS. Ath-Thalaq ayat 2-3 menurut Buya Hamka dan Quraish Shihab dengan menggunakan metode kajian pustaka dengan teknik kualitatif dan analisis deskriptif serta komparatif terhadap kedua tafsir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rezeki juga bersifat spiritual, tidak selalu tentang materi saja. Menurut Hamka kebahagiaan tidak berdasar pada harta tetapi rasa thuma’ninah, Quraish Shihab mengatakan bahwa kepuasan hati adalah rezeki yang tidak akan pernah habis, hal tersebut karena memberikan rezeki pada ayat ini bermaksud memperoleh sebab-sebab rezeki. Dalam rezeki juga terdapat hubungan kausalitas antara Allah dengan makhlukNya, sehingga tujuan utama pemahaman rezeki adalah menjadi pribadi yang bersyukur, bersabar dan kembali dekat dengan Tuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Rezeki; Ayat Seribu Dinar; Wirid; Tafsir Al-Quran; Buya Hamka; M. Quraish Shihab
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Rahmat Darmawan Nitimartono
Date Deposited: 29 Jul 2023 03:07
Last Modified: 29 Jul 2023 03:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20152

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics