Pengaruh persepsi sertifikasi halal, harga dan influencer review produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk kosmetik Somethinc bagi mahasiswa UIN Walisongo

Hudayana, Faidatun Nahari (2023) Pengaruh persepsi sertifikasi halal, harga dan influencer review produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk kosmetik Somethinc bagi mahasiswa UIN Walisongo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026093_Faidatun_Nahari_Hudayana] Text (Skripsi_1905026093_Faidatun_Nahari_Hudayana)
Skripsi_1905026093_Faidatun_Nahari_Hudayana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kosmetik merupakan produk yang digunakan pada kulit untuk tujuan membersihkan, mempercantik, meningkatkan daya tarik, atau memperbaiki penampilan. Tingginya tingkat penjualan pada produk kosmetik somethinc, menandakan bahwa antusias konsumen dalam menggunakan produk kosmetik ini tinggi. Namun, pada mahasiswa UIN Waliongo, produk ini sudah banyak dikenal tetapi minat dan penggunaan produk kosometik yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi sertifikasi halal, harga dan influencer review produk terhadap keputusan pembelian pada produk skincare somethinc bagi Mahasiswa UIN Walisongo
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 100 mahasiswa UIN Walisongo angkatan 2019-2022. Hasil penelitian menujukkan bahwa Persepsi Serifikasi Halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai sig uji t 0,000 < 0,05 dengan nilai t hitung (3,886)>t tabel (1,98498). Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Dilihat dari uji t dengan nilai sig 0,042 < 0,05 dengan nilai t hitung (2,062) > t tabel (1,98498). Influencer Review Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, yang berarti hipotesis diterima. Hal ini dapat dilihat dari uji t dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dengan nilai t hitung (6,026) > t tabel (1,98498).
ABSTRACT

Cosmetics are products that are applied to the skin for the purpose of cleansing, beautifying, enhancing attractiveness, or improving appearance. The high level of sales of some think cosmetic products indicates that the enthusiasm of consumers in using these cosmetic products is high. However, for UIN Waliongo students, this product is widely known but interest in and use of cosmetic products is low. This study aims to examine the effect of perceptions of halal certification, price and product review influencers on purchasing decisions on skincare products somethink for UIN Walisongo Students.
This study uses a type of quantitative research. The data collection method used a questionnaire with a sampling technique using purposive sampling of 100 Walisongo UIN students class of 2019-2022. The results of the study show that Perceptions of Halal Certification have a positive and significant effect on purchasing decisions. The sig value of the t test is 0.000 <0.05 with t count (3.886) > t table (1.98498). Prices have a positive and significant effect on consumer purchasing decisions. Seen from the t test with a sig value of 0.042 <0.05 with a calculated t value (2.062) > t table (1.98498). Product review influencers have a positive and significant effect on consumer purchasing decisions, which means the hypothesis is accepted. This can be seen from the t test with a sig value of 0.000 <0.05 with a calculated t value (6.026) > t table (1.98498).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi Sertifikasi Halal; Harga; Influencer Review Produk; Keputusan Pembelian
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Mikail Azka
Date Deposited: 29 Jul 2023 03:28
Last Modified: 29 Jul 2023 03:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20158

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics