Peran media online dalam mempublikasikan moderasi beragama : studi komparasi Republika.co.id dan Kompas.com

Afifah, Hani (2023) Peran media online dalam mempublikasikan moderasi beragama : studi komparasi Republika.co.id dan Kompas.com. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901026081_Hani_Afifah] Text (Skripsi_1901026081_Hani_Afifah)
Skripsi_1901026081_Hani_Afifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Isu-isu keagamaan menjadi objek paling mudah disulut melalui narasi radikalisme, masyarakat dan pemerintah perlu memahami inti terdalam dari moderasi. Di tengah fenomena tersebut, penulis melihat perlunya cara beragama moderat, toleran, dan menyeluruh melalui narasi yang dipublikasikan media online. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui dan memahami bagaimana peran media online yaitu Republika.co.id dan Kompas.com dalam mempublikasikan moderasi beragama.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam peran media online dalam mempublikasikan moderasi beragama. Penulis melakukan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penulis menafsirkan pencarian fakta mengenai peran Republika.co.id dan Kompas.com dalam mempublikasikan moderasi beragama yang menjadi fenomena sosial di lingkungan masyarakat. Penulis mendeskripsikan peran media online dengan menggunakan pendekatan komunikasi dan memfokuskan pada berita online yang memuat indikator-indikator moderasi beragama yang terdapat pada Republika.co.id dan Kompas.com.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Republika.co.id dan Kompas.com sesuai dengan kajian peran menurut McQuail yaitu peran window on event and experience; a mirror of event in society and the world, implying a faithful reflection; filter atau gatekeeper; guide, penunjuk jalan atau interpreter; forum untuk mempresentasikan berbagai informasi dan ide-ide; interlocutor.
Narasi berita mengenai moderasi beragama disajikan dengan teknik penulisan straight news yang tidak hanya fokus pada suatu kegiatan tetapi juga penerapan indikator-indikator moderasi beragama. Selain itu, narasi moderasi beragama pada Republika.co.id dan Kompas.com memiliki karakteristik yang berbeda berdasarkan ideologi masing-masing media.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran; Media Online; Moderasi beragama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 29 Jul 2023 07:02
Last Modified: 29 Jul 2023 07:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20178

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics