Pengaruh authenticity, experience dan image terhadap loyalitas destinasi pada wisata halal : studi kasus pada Masjid Agung Jawa Tengah

Wibowo, Syahrul (2023) Pengaruh authenticity, experience dan image terhadap loyalitas destinasi pada wisata halal : studi kasus pada Masjid Agung Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026129_Syahrul_Wibowo] Text (Skripsi_1905026129_Syahrul_Wibowo)
Skripsi_1905026129_Syahrul_Wibowo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Wisata kini menjadi salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi sebagai bentuk hiburan dan pengalihan rutinitas. Jika pariwisata di optimalkan maka akan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Indonesia merupakan negara dengan wisata halal terbaik kedua didunia, dan menjadikan peluang yang cukup besar untuk perekonomian negara. Terdapat banyak wisata yang hanya ramai dikunjungi saat pembukaan saja namun sepi setelah beberapa waktu, akibat daya saing yang tinggi antar pengelola wisata atau nilai yang didapat saat berwisata kurang optimal. Nilai yang didapatkan saat berwisata dapat menjadi daya tarik destinasi itu sendiri dan berdampak panjang dalam meningkatkan loyalitas destinasi. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah Authenticity, Experience, dan Image berpengaruh terhadap Loyalitas Destinasi Pada Wisata Halal.
Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh berdasarkan survey dan data sekunder yang diperoleh dari dinas pariwisata jawa tengah pada tahun 2022. Populasi pada penilitan ini berjumlah 85.097 wisatawan/tahun. Teknik pengambilan sampel Non Probability yaitu Accidental Sampling sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dengan observasi dan kuesioner. Alat analisis data yang digunakan adalah SPSS versi 25.0 dan data dianalisa dengan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil uji parsial, bahwa 1) Authenticity berpengaruh positif dan signifikan . 2) Experience berpengaruh positif dan signifikan dan 3) Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Destinasi Pada Wisata Halal di Masjid Agung Jawa Tengah.

ABSTRACT:
Tourism is now one of the needs that must be met as a form of entertainment and a diversion from routine. If tourism is optimized, it will have high economic value. Indonesia is a country with the second best halal tourism in the world, and creates a sizable opportunity for the country's economy. There are many tours that are only crowded at the opening but quiet after some time, due to high competitiveness between tour operators or the value obtained when traveling is not optimal. The value obtained when traveling can be the attraction of the destination itself and have a long-term impact on increasing destination loyalty. So that in this study aims to test and analyze whether Authenticity, Experience, and Image affect Destination Loyalty in Halal Tourism.
The data sources used are primary data obtained based on surveys and secondary data Obtained from the central Java Tourism in 2022. The population in this research is 85,097 tourism/year. The non-probability sampling be tachnique is accidental sampling with 100 respondents. Data collection by observation and questionnaires. The data analysis tool used was SPSS version 25.0 and the data was analyzed by data quality test, classical assumption test, multiple linier regression test, hypothesistest, and coefficient of determination.
The conclusions obtained from the results of the partial test, that is 1) Authenticity has a positive and significant effect. 2) Experience has a positive and significant effect and 3) Image has a positive and significant effect on Destination Loyalty in Halal Tourism at the Great Mosque of Central Java.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Authenticity; Experience; Image; Loyalitas Destinasi; Wisata Halal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Mikail Azka
Date Deposited: 29 Jul 2023 07:11
Last Modified: 29 Jul 2023 07:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20186

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics