Strategi dakwah majelis pengajian difabel pada penyandang disabilitas di Semarang

Danita, Rama (2023) Strategi dakwah majelis pengajian difabel pada penyandang disabilitas di Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901026036_Rama_Danita] Text (Skripsi_1901026036_Rama_Danita)
Skripsi_1901026036_Rama_Danita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penyandang disabilitas termasuk dari kelompok rentan yang membutuhkan perhatian khusus termasuk diantaranya dalam aspek dakwah. Pengetahuan mereka tentang keislaman yang masih sangat minim sehingga dibutuhkan strategi dakwah khusus kepada para penyandang disabilitas. Perencanaan strategi yang maksimal akan menghasilkan tujuan dakwah yang maksimal.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran strategi dakwah Majelis Pengajian Difabel terhadap penyandang disabilitas di Semarang. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi serta dokumentasi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi dakwah yang dilakukan Majelis Pengajian Difabel yaitu melakukan pendekatan humanistik, memilih da‟i yang memiliki persfektif ramah terhadap penyandang disabilitas dan menentukan tema/materi yang sesuai dengan keadaan penyandang disabilitas serta mengadakan pemberdayaan ekonomi dan pemberdayaan diri penyandang disabilitas. Strategi dakwah yang digunakan oleh Majelis Pengajian Difabel cukup efektif terhadap para penyandang disabilitas, dikarenakan pelaksanaan dakwah nya sangat memperhatikan akses untuk teman-teman penyandang disabilitas, dari segi penyampaian materi, pelaksanaan pengajian dan kegiatan lain yang mengikutsertakan teman-teman penyandang disabilitas. Kehadiran para relawan juga sangat membantu terlaksananya dakwah tersebut, sehingga lebih memudahkan pengurus dalam dakwah terhadap teman-teman disabilitas

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Penyandang disabilitas; MPD
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 29 Jul 2023 07:24
Last Modified: 29 Jul 2023 07:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20188

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics