Peran guru terhadap peningkatan sikap tanggungjawab siswa kelas 6 di MI Takhasus Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2021/2022

Astuti, Risa Mei (2023) Peran guru terhadap peningkatan sikap tanggungjawab siswa kelas 6 di MI Takhasus Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096043_Risa Mei Astuti_Full] Text (Skripsi_1803096043_Risa Mei Astuti_Full)
1803096043_Risa Mei Astuti_Full_Skripsi - Risa Mei.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas peran guru dalam peningkatan sikap tanggung jawab siswa. Peningkatan sikap ini sendiri memiliki tujuan agar anak semakin memiliki sikap tersebut sehingga menjadi manusia yang terbiasa untuk bertanggung jawab dimanapun ia berada. Hal tersebut yang membawa peneliti mengadakan penelitian di MI Takhasus Darul Ulum yang mana telah berupaya mendidik anak utuk memiliki sikap tanggung jawab ini melalui kegiatan dan program-program sekolah. Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif. Objek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru kelas 6 dan siswa kelas 6. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan triangulasi dan member chek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam peningkatan sikap tanggungjawab siswa, yaitu peran guru sebagai pendidik, pembimbing, motivator dan evaluator. Dengan perannya tersebut guru meningkatkan sikap tanggung jawab pada anak ketika pembelajaran di kelas maupun dalam kegiatan sekolah lainnya diluar kelas. Tercapainya tanggungjawab pada anak di MI Takhasus Darul Ulum ditandai dengan beberapa ciri yaitu, melaksanakan jadwal piket, mengerjakan tugas dan mengumpulkan tepat waktu, lalu keaktifan mereka dalam menjalankan kegiatan-kegiatan atau program sekolah yang ada. Adapaun faktor pendukung dan penghambat dari upaya pembentukan karakter ini datang dari guru, orang tua, teman sebaya, dan lingkungan pergaulan anak di dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran guru; Sikap; Tanggungjawab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:17
Last Modified: 28 Jul 2023 03:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20193

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics