Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar kognitif siswa tema 4 subtema 1 materi hak dan kewajiban kelas III MI Darul Ulum Tanggel Blora tahun 2022/2023
Shulkha, Siti Ummu (2023) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar kognitif siswa tema 4 subtema 1 materi hak dan kewajiban kelas III MI Darul Ulum Tanggel Blora tahun 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1803096051_Siti Ummu Shulkha_Lengkap Tugas Akhir - Siti Ummu Shulkha UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang monoton yang diterapkan di MI Darul Ulum Tanggel. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match (MaM) terhadap hasil belajar Kognitif siswa tema 4 subtema 1 muatan PPKn materi Hak dan Kewajiban kelas III MI Darul Ulum Tanggel Blora. Pengaruh pada penelitian ini ditujukan dengan adanya perbedaan hasil belajar siswa ketika pretest dan posstest siswa kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain Pre-Eksperimental tipe One Group Pretest-Posttest Desaign. Populasi penelitian ini yaitu kelas III yang berjumlah 16 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, dokumentasi dan tes. Analisis yang digunakan untuk pengaruh 2 variabel yaitu menggunakan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan koefisiensi persamaan uji regresi linier sederhana diperoleh thitung sebesar 5,283 >ttabel 2,120 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H_0 ditolak dan H_a diterima, sedangkan pada perhitungan determinasi sebesar 66,6%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match (MaM) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada tema 4 subtema 1 muatan PPKn materi Hak dan Kewajiban di Rumah kelas III MI Darul Ulum Tanggel Blora dan memberikan konstribusi sebesar 66,6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor yang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Make a match; Hasil belajar; Kognitif |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 03:47 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 03:47 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20200 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year