Efektivitas media canva terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi iklan Kelas V MI Nurul Ihsan Kragilan Boyolali tahun pelajaran 2022/2023

Firdausi, Isnan Razaq (2022) Efektivitas media canva terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi iklan Kelas V MI Nurul Ihsan Kragilan Boyolali tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096084_IsnanRazaqFirdausi_Lengkap] Text (Skripsi_1803096084_IsnanRazaqFirdausi_Lengkap)
1803096084_IsnanRazaqFirdausi_Lengkap Tugas Akhir - Isnan Razaq (2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Media canva adalah salah satu media yang dapat dimanfaatkan untuk mendesain media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran canva terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Nurul Ihsan Kragilan, Boyolali. Adapun analisis data yang digunakan untuk uji efektivitas adalah uji N-Gain.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah keseluruhan 60 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas V Berjumlah 30 siswa dan kelas VB 30 siswa.. Yang mana kelas V A sebagai kelas kontrol, sedangkan kelas V B sebagai kelas eksperimen.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penggunaan media pembelajaran berbasis canva kelas eksperimen memperoleh rata-rata = 88,0333 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata = 53,13. Hasil ini menunjukkan perbedaan yang signifikan pembelajaran Bahasa Indonesia antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Artinya media pembelajaran berbasis canva terbukti lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Nurul Ihsan Kragilan, Boyolali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media canva; Efektivitas; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 Jul 2023 02:41
Last Modified: 29 Jul 2023 02:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20217

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics