Analisis daya ingat siswa pada pembelajaran fikih kelas IV MI An Nashriyah Lasem Rembang

Oktaviana, Ayu Hamdana (2023) Analisis daya ingat siswa pada pembelajaran fikih kelas IV MI An Nashriyah Lasem Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096088_Ayu Hamdana Oktaviana_ Full] Text (Skripsi_1803096088_Ayu Hamdana Oktaviana_ Full)
1803096088_Ayu Hamdana Oktaviana_ Full - Ayu Hamdana Oktaviana UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Daya ingat setiap anak tidak terlepas dari kemampuan otak untuk menyimpan informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan daya ingat siswa serta faktor pendukung dan penghambat siswa pada pembelajaran Fikih kelas IV MI An Nashriyah Lasem Rembang. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa daya ingat siswa pada pembelajaran Fikih kelas IV sudah tergolong cukup, dibuktikan guru harus menjelaskan sebanyak 4 kali. Terdapat faktor yang mempengaruhi kemampuan daya ingat siswa pada pembelajaran Fikih kelas IV MI An Nashriyah Lasem Rembang. Faktor pendukung daya ingat siswa yaitu kondisi lingkunan siswa, meminta siswa untuk bercerita, dan pemilihan strategi/metode pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat daya ingat siswa yaitu faktor genetik siswa, karakteristik materi, dan mood siswa yang naik turun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis; Daya ingat; Pembelajaran fikih
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 Jul 2023 02:48
Last Modified: 29 Jul 2023 02:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20218

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics