Strategi pembeajaran aqidah akhlak pada siswa kelas 1 MI Miftahul Islamiyah Jimbaran Pati

Rahmah, Clarisa Nurul Arifatur (2023) Strategi pembeajaran aqidah akhlak pada siswa kelas 1 MI Miftahul Islamiyah Jimbaran Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096123_Clarisa Nurul AR_lengkap] Text (Skripsi_1803096123_Clarisa Nurul AR_lengkap)
1803096123_Clarisa Nurul AR_Tugas Akhir - Clarisa Nurul.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penyusunan skripsi ini dilatarbelakangi oleh penyampaian materi yang masih menggunakan metode ceramah yang mungkin dianggap instant dan mudah tanpa persiapan dan rencana pembelajaran. Sehingga perlunya meningkatkan kualitas dalam pendidikan dengan cara mengembangkan strategi pembelajaran, media pembelajaran, dan kualitas guru. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran aqidah akhlak dan penerapan strategi pembelajaran pada mata pelajaran aqidah akhlak pada siswa kelas 1 MI Miftahul Islamiyah Jimbaran Pati. Penelitian ini menggunkaan jenis penelitian lapangan dan penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar dapat memicu keaktifan belajar siswa. Strategi yang digunakan guru adalah strategi ekspositori, kooperatif dan kontekstual, tetapi penggunaan strategi tersebut juga dikombinasikan dengan metode dan media pembelajaran lainnya. Sehingga keterkaitan tersebut dapat mempengaruhi keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran aqidah akhlak; Strategi pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 Jul 2023 03:29
Last Modified: 29 Jul 2023 03:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20223

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics