Analisis penerapan model pembelajaran problem based learning pada muatan pelajaran SBdP tema 4 subtema 1 berbasis keterampilan abad 21 di kelas V MI Nashrul Fajar Semarang tahun pelajaran 2022/2023

Shifah, Novia Layyinatus (2022) Analisis penerapan model pembelajaran problem based learning pada muatan pelajaran SBdP tema 4 subtema 1 berbasis keterampilan abad 21 di kelas V MI Nashrul Fajar Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi1903096017_Novia Layyinatus Shifah_Full] Text (Skripsi1903096017_Novia Layyinatus Shifah_Full)
1903096017_Novia Layyinatus Shifah_Full Skripsi - Sofya Wulandari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran problem based learning pada muatan pelajaran SBdP tema 4 subtema 1 berbasis keterampilan abad 21 di kelas V MI Nashrul Fajar Semarang beserta faktor penghambat dan pendukungnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning pada muatan pelajaran SBdP tema 4 subtema 1 berbasis keterampilan abad 21 di kelas VB MI Nashrul Fajar Semarang dilaksanakan melalui 3 tahap, diantaranya terdiri dari: 1) Tahap perencanaaan, yang meliputi: mempersiapkan RPP, materi pembelajaran dan LKPD; 2) Tahap pelaksanaan, yang meliputi: Proses pembelajaran SBdP tema 4 subtema 1 pembelajaran 6 sesuai sintak model pembelajaran problem based learning berbasis keterampilan abad 21; 3) Tahap evaluasi, yang meliputi: penugasan dan pengerjaan LKPD. Faktor penghambat dan pendukung penerapan model pembelajaran problem based learning pada muatan pelajaran SBdP tema 4 subtema 1 berbasis keterampilan abad 21 di kelas VB MI Nashrul Fajar Semarang meliputi: Faktor penghambat: 1) Keterbatasan waktu; 2) Rasa takut dan ragu-ragu dalam diri siswa; 3) Beragamnya tingkat kemampuan berpikir siswa. Faktor pendukung: 1) Tingginya semangat siswa; 2) Peran aktif siswa; 3) Upaya dalam mencari informasi secara mandiri dalam memecahkan masalah yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem based learning; SBdP; Keterampilan abad 21
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 Jul 2023 04:24
Last Modified: 29 Jul 2023 04:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20228

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics