Pengembangan ensiklopedia alat ukur berbasis problem based learning dengan teknologi Augmented Reality (AR)

Septyasningrum, Erlita Mirdza (2022) Pengembangan ensiklopedia alat ukur berbasis problem based learning dengan teknologi Augmented Reality (AR). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908066010_Erlita Mirdza S_Skripsi] Text (Skripsi_1908066010_Erlita Mirdza S_Skripsi)
1908066010_Erlita Mirdza S_Skripsi Full - Erlita Mirdza S.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Minimnya bahan ajar interaktif dalam kegiatan pembelajaran, membuat siswa kurang memahami materi. Salah satu cara untuk menambah pemahaman siswa yaitu, dengan bahan ajar yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk bahan ajar berupa ensiklopedia alat ukur berbasis model pembelajaran problem based learning dengan teknologi augmented reality, dan mendapatkan nilai kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk pada pembelajaran dikelas. Penelitian ini merupakan penelitian RnD (Research and Development), menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Dissemination). Tahap Define yaitu pendefinisian produk menggunakan analisis awal observasi. Design produk dilakukan dengan menggunakan aplikasi Canva, Figma, dan Unity 3D. Tahap Development menggunakan hasil rekomendasi para ahli validasi, sedangkan tahap Dissemination didapatkan dengan hasil evaluasi produk menggunakan uji lapangan respons siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan soal tes evaluasi hasil belajar. Hasil validasi produk ahli materi sebesar 86% dengan kategori sangat valid, dan ahli media sebesar 93% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan data tersebut menyatakan bahwa media yang telah dibuat layak untuk diuji cobakan. Hasil data respons siswa sebesar 85,68% dengan kategori sangat praktis, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 83,33% dengan kategori praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media praktis. Hasil data (pre test) dan (post test) menunjukkan bahwa hipotesis akhir ensiklopedia diterima, dan menyatakan produk efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ensiklopedia; Alat ukur; Fisika; Pengukuran; Aumented Reality; Problem-based learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:40
Last Modified: 31 Jul 2023 03:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20236

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics