Pengaruh label halal, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal Safi : studi kasus Mahasiswi FEBI UIN Walisongo Semarang angkatan 2019-2022

Maftukhah, Vela (2023) Pengaruh label halal, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal Safi : studi kasus Mahasiswi FEBI UIN Walisongo Semarang angkatan 2019-2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026146_Vela_Maftukhah] Text (Skripsi_1905026146_Vela_Maftukhah)
Skripsi_1905026146_Vela_Maftukhah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia dari tahun 2010-2023 selalu mengalami peningkatan yang sangat siginifikan. Hal tersebut yang telah menciptakan persaingan antar perusahaan kosmetik semakin kompetitif. Safi merupakan salah produk kosmetik halal yang beredar di Indonesia. Sebagai brand kosmetik halal Safi memiliki market share yang masih rendah dibandingkan dengan kosmetik yang belum mempunyai label halal. Selain itu tren produk Safi dari tahun 2018-2023 cenderung mengalami penurunan yang signifikan. Hal tersebut terjadi karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli produk Safi, seperti faktor label halal, kualitas produk dan citra merek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah label halal, kualitas produk dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal Safi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian yaitu seluruh mahasiswi FEBI UIN Walisongo Semarang Angkatan 2019-2022. Metode pengumpulan data menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling sehingga memperoleh sampel 95 responden pengguna produk Safi pada mahasiswi FEBI UIN Walisongo Semarang Angkatan 2019-2022. Analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 25.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung (3,797) > t tabel (1,986) dan nilai signifikanya 0,00 < 0,05. Artinya, semakin baik dan jelas label halal yang tercantum pada produk Safi maka akan berpengaruh pada meningkatnya keputusan pembelian. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung (12,708) > t tabel (1,986) dan nilai signifikanya 0,00 < 0,05. Artinya, semakin baik kualitas produk yang terdapat pada produk Safi maka akan berpengaruh pada meningkatnya keputusan pembelian. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung (3,954) > t tabel (1,986) dan nilai signifikanya 0,00 < 0,05. Artinya semakin baik citra merek dari produk Safi maka akan berpengaruh pada meningkatnya keputusan pembelian.

ABSTRACT:
The growth of the cosmetics industry in Indonesia from 2010-2023 has always experienced a very significant increase. This has created competition between cosmetic companies increasingly competitive. Safi is one of the halal cosmetic products circulating in Indonesia. As a halal cosmetic brand, Safi has a market share that is still low compared to cosmetics that do not yet have a halal label. In addition, the trend for Safi products from 2018-2023 tends to experience a significant decline. This happens because there are several factors that influence consumers in buying Safi products, such as the halal label, product quality and brand image. This study aims to analyze whether the halal label, product quality and brand image affect the purchasing decision of Safi's halal cosmetic products.
The method used in this research is a quantitative method. The research population is all FEBI UIN Walisongo Semarang students class of 2019-2022. The data collection method used a non-probability sampling technique with a purposive type of sampling in order to obtain a sample of 95 respondents using Safi products in FEBI students at UIN Walisongo Semarang Class of 2019-2022. The data analysis used in this study was multiple linear regression analysis using the SPSS version 25.00 program.
The results showed that the halal label had a positive and significant effect on purchasing decisions with a t count (3.797) > t table (1.986) and a significant value of 0.00 <0.05. That is, the better and clearer the halal label listed on Safi products, the more influential the purchase decision will be. Product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions with a t count (12.708) > t table (1.986) and a significant value of 0.00 <0.05. That is, the better the product quality contained in Safi products, the more influential the purchase decision will be. Brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions with a t count (3.954) > t table (1.986) and a significant value of 0.00 <0.05. This means that the better the brand image of Safi products, the more influential the purchase decision will be.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Label halal; Kualitas produk; Citra merek; Keputusan pembelian; Kosmetik halal
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Mikail Azka
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:18
Last Modified: 01 Aug 2023 02:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20240

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics