Analisis potensi wisata halal pada Festival Kuliner Kauman Kota Semarang

Pratiwi, Tarisa Asih (2023) Analisis potensi wisata halal pada Festival Kuliner Kauman Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026157_Tarisa_Asih_Pratiwi] Text (Skripsi_1905026157_Tarisa_Asih_Pratiwi)
Skripsi_1905026157_Tarisa_Asih_Pratiwi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Wisata halal merupakan suatu tren baru dalam dunia pariwisata saat ini. Indonesia telah dikenal luas di dunia sebagai pariwisata halal terbaik di dunia atas kemenangannya dalam event “The World Halal Travel Summit & Exhibition 2015. Pengembangan wisata halal tidak secara eksklusif hanya untuk para muslim namun para non muslim juga dapat mengakses dan mendapatkan pelayanan secara syariah Festival kuliner kauman adalah salah satu ikon wisata kuliner semarang yang berlokasi di Jalan Aloon-Aloon Barat. No.11, Bangunharjo, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Festival kuliner kauman ini di kelola oleh para pengurus Masjid Agung Semarang. Festival kuliner kauman menyajikan berbagai macam makanan dan minuman yang memiliki cita rasa lezat dari keanekaragaman kuliner khas kota Semarang. Berdasarkan data yang diperoleh oleh penulis melalui wawancara dengan pemrintah kota, pengelola, pedagang, dan pembeli di festival kuliner kauman bahwa terdapat beberapa aspek- aspek yang mendukung potensi wisata halal yang ada di festival kluliner kauman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi festival kuliner kauman kota semarang dan bagaimana potensi wisata halal pada festival kuliner kauman kota semarang.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemerintah kota, pengelola, pedagang dan pembeli di festival kuliner kauman kota semarang. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Pengumpulan data melelui wawancara, observasi, dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif fenomenologi.
Hasil penelitian adalah festival kuliner kauman dikelola secara langsung oleh pengurus masjid agung semarang dan dilaksanakan secara struktural dan tertata rapi. Sistem bagi hasil difestival ini hanya membayar sewa yang kemudian uangnya disodakohkan di Masjid Agung Semarang. Potensi wisata halal pada festival kuliner kauman kota semarang dapat dilihat dari beberapa aspek yang sudah menggunakan konsep wisata halal. Makanan dan minuman bersifat halal, fasilitas-fasilitas yang diberikan sudah cukup memenuhi dan kenyamanannya dapat dipastikan serta keamanannya dapat dijamin sehingga festival ini tidak mengakibatkan terjadinya kemaksiatan dan hal-hal buruk lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wisata Halal; Potensi; Wisata kuliner
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
900 Geography and history > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Mikail Azka
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:54
Last Modified: 01 Aug 2023 06:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20252

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics