Analisis tingkat kecemasan matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya kognitif pada materi program linear kelas XI SMA/ Sederajat

Ningrum, Titin Kurnia (2022) Analisis tingkat kecemasan matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya kognitif pada materi program linear kelas XI SMA/ Sederajat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056003_Titin Kurnia Ningrum_lengkap] Text (Skripsi_1808056003_Titin Kurnia Ningrum_lengkap)
1808056003_TITIN KURNIA NINGRUM_LENGKAP TUGAS AKHIR - Titin Kurnia Ningrum UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tingkat kecemasan matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya kognitif pada materi program linear kelas XI SMA/ Sederajat. Penelitian ini merupakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari tes, angket dan wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari 33 peserta didik untuk mengumpulkan data tes, dan angket tersebut. Kemudian diambil 6 peserta didik untuk wawancara, yaitu 3 peserta didik gaya kognitif field independent (FI) dan 3 peserta didik gaya kognitif field dependent (FD) yang mewakili kategori kemampuan pemecahan masalah matematis kurang dan sangat kurang sekaligus mewakili kriteria kecemasan matematika. Metode analisis data melalui tahap mereduksi data (reduction), menyajikan data (display), dan penarikan kesimpulan (conclusion).
Berdasarkan penelitian diperoleh tingkat kecemasan matematika dengan gaya kognitif field independent memiliki 5 kriteria kecemasan yaitu, sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi. Sedangkan untuk tingkat kecemasan matematika dengan gaya kognitif field dependent memiliki 4 kriteria kecemasan yaitu, sangat rendah, rendah, sedang, dan tinggi. Kemudian untuk kemampuan pemecahan masalah matematis baik berdasarkan gaya kognitif field independent maupun gaya kogniitif field dependent memiliki kriteria kurang dan sangat kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecemasan matematika; Masalah matematis; Gaya kognitif; Program linear
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:35
Last Modified: 31 Jul 2023 07:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20253

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics