Pengaruh kemudahan penggunaan, kemanfaatan, kepercayaan dan kenyamanan terhadap minat menggunakan layanan internet banking : studi kasus Masyarakat Sihitang Kota Padangsidimpuan

Pulungan, Alwadi Sabbih Degora (2022) Pengaruh kemudahan penggunaan, kemanfaatan, kepercayaan dan kenyamanan terhadap minat menggunakan layanan internet banking : studi kasus Masyarakat Sihitang Kota Padangsidimpuan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805036026_Alwadi_Sabbih_D_P] Text (Skripsi_1805036026_Alwadi_Sabbih_D_P)
Skripsi_1805036026_Alwadi_Sabbih_D_P.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi berbasis sistem, terutama internet memiliki pengaruh pesat terhadap proses bisnis dalam peningkatan layanan kepada nasabah secara pesonal di era perbankan digital melalui strategi Self Service Technology. Contoh dari layanan Self Service Technology adalah adanya ATM, penggunaan Mobile Banking, Online Banking, Online Shopping, dan inovasi lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan, kemanfaatan, kepercayaan, dan kenyamanan terhadap minat menggunakan layanan internet banking.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan deskriptif dengan metode kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Sihitang Kota Padangsidimpuan berjumlah 97 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis data dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik serta pengujian hipotesis dengan menggunakan software SPSS versi 25.
Hasil dari pembahasan dan analisis yang telah dilaksanakan oleh peneliti menunjukkan bahwa 1) Variabel kemudahan penggunaan terdeteksi valid terhadap minat menggunakan layanan internet banking di Kelurahan Sihitang Kota Padangsidimpuan walaupun tidak berpengaruh secara signifikan dengan nilai 1.549 < 1,986. 2) Variabel kemanfaatan terdeteksi valid terhadap minat menggunakan layanan internet banking di Kelurahan Sihitang Kota Padangsidimpuan dan berpengaruh secara signifikan dengan nilai 2.406 > 1,986. 3) Variabel kepercayaan terdeteksi valid terhadap minat menggunakan layanan internet banking di Kelurahan Sihitang Kota Padangsidimpuan dan berpengaruh secara signifikan dengan nilai 2.402 > 1,986. 4) Variabel kenyamanan terdeteksi valid terhadap minat menggunakan layanan internet banking di Kelurahan Sihitang Kota Padangsidimpuan walaupun tidak berpengaruh secara signifikan dengan nilai 1.132 < 1,986.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perkembangan teknologi; Kemudahan; Kemanfaatan; Kepercayaan; Kenyamanan; Minat; Layanan Internet Banking
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Mikail Azka
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:52
Last Modified: 01 Aug 2023 04:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20257

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics