Efektifitas pembelajaran blended learning berbantu video pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah materi SPLTV Kelas X MA Shofa Marwa

Pratiwi, Gita Intasia (2023) Efektifitas pembelajaran blended learning berbantu video pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah materi SPLTV Kelas X MA Shofa Marwa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056040_Gita Intasia Pratiwi_Full] Text (Skripsi_1808056040_Gita Intasia Pratiwi_Full)
1808056040_Gita Intasia Pratiwi_Full Skripsi - gita intasya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan kemampuan dimana siswa berupaya mencari jalan keluar dalam mencapai tujuan tertentu yang memerlukan kesiapan, kreativitas, dan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran Blended Learning berbantu video pembelajaran efetktif terhadap kemampuan pemecahan masalah materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini dilakukan di MA Shofa Marwa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen menggunakan Pretest Posttest Control Group Design, dengan teknik pengambilan sampel yaitu Cluster Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Blended Learning berbantu video pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran Blended Learning berbasis video pembelajaran lebih tinggi dari kemampuan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hal ini berarti bahwa pembelajaran Blended Learning berbantu video pembelajaran efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah materi SPLTV kelas X MA Shofa Marwa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Blended learning; Video pembelajaran; Pemecahan masalah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jul 2023 08:03
Last Modified: 31 Jul 2023 08:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20259

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics