Peran organisasi sayap partai dalam fungsi Partai Gerindra : studi kasus Tunas Indonesia Raya (TIDAR) Kota Jakarta Timur 2019-2024

Puspasari, Shella Octaria (2022) Peran organisasi sayap partai dalam fungsi Partai Gerindra : studi kasus Tunas Indonesia Raya (TIDAR) Kota Jakarta Timur 2019-2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906016002_Shella_Octaria_Puspasari] Text (Skripsi_1906016002_Shella_Octaria_Puspasari)
Skripsi_1906016002_Shella_Octaria_Puspasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tunas Indonesia Raya (TIDAR) merupakan underbouw Partai Gerindra, yang bergerak dibidang kepemudaan, segmentasi usia 17-35 tahun. TIDAR dibentuk pada tanggal 7 Juli 2008. Generasi muda lebih dikenal sebagai generasi penerus bangsa. Keberadaan sebuah bangsa di masa depan, sangat ditentukan oleh kualitas generasi mudanya saat ini. TIDAR Jakarta Timur telah merekrut generasi millenial, dan membantu kader-kader yang ingin menjadi calon legislatif.
Kajian ini berfokus pada bagaimana peran Tunas Indonesia Raya (TIDAR) dalam melakukan pendidikan dan perekrutan kader Partai Gerindra di Jakarta Timur dalam perekrutan massa dan pendidikan Tunas 1 dan Tunas 2. Fokus kajian akan dibahas melalui teori peran, teori partai politik dan konsep perluasan massa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan mengunakan pendekatan studi kasus dengan objek penelitian TIDAR Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data primer yang dilakukan berupa wawancara terhadap subyek penelitian dari pengurus-pengurus TIDAR Jakarta Timur yakni Ketua, Sekretaris, Kabid OKK dan Kabid Advokasi. Selain itu, data sekunder sebagai pendukung data penelitian yang berbentuk dokumen, arsip, media sosial, dan lainnya yang dibutuhkan untuk pendukung penelitian ini.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah peran TIDAR dalam merekrut kader Partai Gerindra, hal ini merupakan penting untuk setiap partai politik memiliki organisasi sayap partai. Kontribusi yang telah dilakukan oleh PC TIDAR Jakarta Timur merupakan bagian dari recruitment politic, kontribusi tersebut dapat diwujudkan melalui kegiatan-kegiatan sosial yang telah dilakukan, program kerja bidang organisasi, kaderisasi dan keanggotaan. Serta program Jum’at berbagi, serta melakukan kegiatan olahraga Tidar Cup (bersepeda, futsal, dan art festival). Upaya yang dilakukan PC TIDAR Jakarta Timur dalam perluasan basis massa Partai Gerindra dengan melakukan ekspansi ke semua masyarakat sekitar, serta mendukung penuh perkembangan Partai Gerindra. Terdapat dua macam cara yang dilakukan oleh TIDAR. Yang pertama, secara internal dengan mendukung setiap kegiatan positif kader pengurus TIDAR dalam berbagai macam aksi sosial. Kedua, secara eksternal TIDAR selalu melakukan kegiatan secara umum untuk mendapat dukungan masyarakat agar dapat mengenal TIDAR secara dekat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Organisasi Sayap Partai; Partai Gerindra; Tunas Indonesia Raya (TIDAR)
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 324 The political process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Rahmat Darmawan Nitimartono
Date Deposited: 07 Aug 2023 09:21
Last Modified: 07 Aug 2023 09:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20273

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics