Pengaruh literasi keuangan, digital marketing, dan brand image terhadap minat generasi Z pada bank syariah : studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang angkatan 2019-2021

Hamidah, Sindi Aulia (2022) Pengaruh literasi keuangan, digital marketing, dan brand image terhadap minat generasi Z pada bank syariah : studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang angkatan 2019-2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805036092_Sindi_Aulia_Hamidah] Text (Skripsi_1805036092_Sindi_Aulia_Hamidah)
Skripsi_1805036092_Sindi_Aulia_Hamidah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Generasi Z sebagai generasi yang dilahirkan dan dibesarkan ketika internet sudah ada membentuk karakteristik kehidupan generasi Z yang tidak dapat lepas dari internet. Generasi Z juga lebih cerdas, serta sangat menjunjung tinggi toleransi. Pertumbuhan bank syariah di Indonesia tidak terlepas dari strategi pemasaran yang baik oleh bank syariah. Program edukasi disertai sosialisasi pada masyarakat umum mengenai literasi keuangan syariah, hingga kualitas pelayanan bank syariah yang membentuk citra bank syariah. Minat kalangan muda yang masih kurang terhadap bank syariah dengan lebih memilih menjadi nasabah bank konvensional disebabkan oleh kemudahan dalam akses keuangannya serta bank konvensional yang lebih terdengar familiar karena memiliki lokasi statregis juga terjadi di kalangan mahasiswa dimana mahasiswa lebih banyak menggunakan bank konvensional dibandingkan dengan menjadikan bank syariah sebagai lembaga keuangan utama
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, digital marketing, dan brand image bank syariah terhadap minat generasi Z menjadi nasabah bank syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan pada 17 Oktober sampai 20 November 2022. Populasi pada penelitian ini merupakan mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang angkatan 2019-2021 yang merupakan nasabah bank syariah. Penelitian mengambil 100 responden sebagai sampel pada penelitian dengan teknik pengambilan sampel purposive random sampling. Teknik analisis data pada penelitian dilakukan dengan analisis regresi linier berganda dan diproses menggunakan program aplikasi SPSS versi 22.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan dan digital marketing secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat generasi Z terhadap bank syariah, sedangkan variabel brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi Z terhadap bank syariah, serta secara simultan atau bersamaan variabel literasi keuangan, digital marketing, dan brand image secara positif dan signifikan mempengaruhi minat generasi Z terhadap bank syariah.

ABSTRACT:
Generation Z as the generation that was born and raised when the internet already existed forms the characteristics of the life of generation Z which cannot be separated from the internet, generation Z is also smarter, and highly values tolerance. The growth of Islamic banks in Indonesia is inseparable from good marketing strategies by Islamic banks, educational programs accompanied by outreach to the general public regarding Islamic financial literacy, to the quality of Islamic banking services that shape the image of Islamic banks. The interest of young people who are still lacking in Islamic banks by preferring to become conventional bank customers is due to the ease of access to finance and conventional banks which sound more familiar because they have strategic locations also occur among students where students use conventional banks more than making Islamic banks as the main financial institution.
This study aims to determine the effect of financial literacy, digital marketing, and brand image of Islamic banks on the interest of generation Z to become customers of Islamic banks. This study uses a type of quantitative research. The research was conducted from 17 October to 20 November 2022. The population in this study were FEBI students at UIN Walisongo Semarang class of 2019-2021 who are customers of Islamic banks. The study took 100 respondents as a sample in the study using purposive random sampling technique. Data analysis techniques in this study were carried out using multiple linear regression analysis and processed using the SPSS version 22 application program.
The results of this study indicate that the financial literacy and digital marketing variables partially have no significant effect on Generation Z's interest in Islamic banks, while the brand image variable has a positive and significant influence on Generation Z's interest in Shariah bark, as well as sultan or concurrently financial literacy variables. digital marketing, and brand image positively and significantly affect the interest of Z generations towards Islamic banks.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan; Digital Marketing; Brand Image; Minat; Generasi Z; Bank syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Muhammad Mikail Azka
Date Deposited: 07 Aug 2023 09:37
Last Modified: 07 Aug 2023 09:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20290

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics