Kesenjangan gender dalam buku teks pendidikan agama Islam Kelas III Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidai’yah

Pristhina, Cholillul Fadlillah Achmad (2022) Kesenjangan gender dalam buku teks pendidikan agama Islam Kelas III Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidai’yah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016042_Cholillul Fadlillah Achmad Pristhina_Lengkap] Text (Skripsi_1803016042_Cholillul Fadlillah Achmad Pristhina_Lengkap)
1803016042_Cholillul Fadlillah Achmad Pristhina_Lengkap Tugas Akhir - Fadlillah Achmad PAI FITK UIN WALISONGO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kesenjangan gender dapat dilihat dalam buku bacaan wajib disekolah, yang sebagian besar mentransfer nilai dan norma gender yang berlaku dalam kebudayaan sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan metode analisis konten, yaitu mengumpulkan data ilustrasi teks dan ilustrasi gambar pada buku pelajaran tersebut kemudian dianalisis dalam perspektif gender. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kesenjangan gender dalam buku Pendidikan Agama Islam Kelas III SD/MI. Objek penelitian ini adalah buku teks Pendidikan Agama Islam SD/MI Kelas III yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2018.
Penelitian ini berfokus pada kategori kesenjangan gender buku teks Pendidikan Agama Islam, diantarnya tentang 1) jumlah gambar perempuan/laki-laki, 2)jumlah perempuan/laki-laki yang disebutkan yang disebutkan dalam materi serta rubik buku teks Pendidikan Agama Islam,
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kesenjangan gender pada buku teks yang berjudul Pendidikan Agama Islam SD/MI Kelas III. Buku ini menunjukkan bahwa laki-laki mendominasi dalam segala aspek baik dalam gambar ataupun dalam materi serta rubik. beberapa sajian gambar dan materi yang berpihak kepada salah satu jenis kelamin dengan hanya memunculkan satu jenis kelamin saja berdasarkan stereotype, marginalisasi, dan subordinasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Buku teks; Kesenjangan gender; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:06
Last Modified: 03 Aug 2023 03:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20299

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics