Hubungan tahfidz Al-Qur’an dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadits di MA NU Banat Kudus

Tsuroyya, Nailis (2023) Hubungan tahfidz Al-Qur’an dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadits di MA NU Banat Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016053_Nailis Tsuroyya_Full] Text (Skripsi_1803016053_Nailis Tsuroyya_Full)
1803016053_Nailis Tsuroyya_Full_Skripsi - nailis tsuroyya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang berkenaan dengan tahfidz Al-Qur’an terhadap hasil belajar Al-Qur’an hadits peserta didik yaitu peserta didik belum sepenuhnya lancar, mampu menyeimbangkan hafalan, bersungguh-sungguh, dan perbedaan kapasitas otak setiap peserta didik dalam proses menghafal Al-Qur’an maupun belajar mata pelajaran Al-Qur’an hadits sehingga terjadi perbedaan antara peserta didik satu dengan lainnya baik dalam kualitas hafalan Al-Qur’an maupun hasil belajar Al-Qur’an hadits.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan temasuk jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X, XI, XII Mipa 1. Penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga sampel penelitian sama dengan populasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahfidz Al-Qur’an peserta didik kelas X, XI, XII Mipa 1 mempunyai nilai rata-rata sebesar 94,02 = 94, termasuk dalam kategori cukup. Adapun hasil belajar Al-Qur’an hadits peserta didik kelas X, XI, XII Mipa 1 mempunyai nilai rata-rata sebesar 85,81 = 86, termasuk dalam kategori cukup. Tahfidz Al-Qur’an berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Al-Qur’an hadits peserta didik kelas X, XI, XII Mipa 1 MA NU Banat Kudus. Hal ini berdasarkan persamaan garis regresinya yaitu Y‘ = 26,812 + 0,627 X dan data dari output SPSS bahwa tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0.05 dengan nilai F hitung = 13.315 > F tabel = 3,94. Adapun kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 12,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tahfidz; Al-Qur’an; Hasil belajar; Al-Qur’an hadits
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:47
Last Modified: 03 Aug 2023 03:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20313

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics