Model Critical Thinking Skill dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 16 Semarang

Safa'at, Ilham (2022) Model Critical Thinking Skill dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 16 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016075_Ilham Safa_at_Full] Text (Skripsi_1803016075_Ilham Safa_at_Full)
1803016075_Ilham Safa_at_Full Skripsi - Ilham Syafaat.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (882kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat esensial, dan berfungsi efektif dalam semua aspek kehidupan. Oleh karena itu, kemampuan berpikir kritis ini menjadi sangat penting sifatnya dan harus ditanamkan sejak dini baik di sekolah, di rumah, maupun di lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi Critical Thinking Skill siswa SMPN 16 Semarang dan untuk mengetahui Model Critical Thinking Skill dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 16 Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fielad research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan model Miles and Huberman yang mencakup tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sebelum data disimpulkan, dilakukan pula triangulasi data dengan membandingkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengecek kebenaran dan memperkaya data hasil penelitian.
Hasil penelitian ini diperoleh dari beberapa hal sebagai berikut; Kondisi penguasaan critical thinking skill di SMPN 16 Semarang dapat disimpulkan dalam kondisi cukup baik. Penguasaan critical thinking skill secara langsung mampu mengakomodasi pengembangan kemamuan peserta didik. Sehingga mereka memiliki daya serap yang baik. Pada akhirnya mampu menyelesaikan suatu permasalahan dengan sikap yang kritis baik secara realistis maupun idealistis. Model critical thinking skill melalui pembelajaran PAI di SMPN 16 Semarang. Model critical thingking skill guru menggunakan strategi pembelajaran yang aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Critical thinking skill; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Aug 2023 07:45
Last Modified: 03 Aug 2023 07:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20324

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics