Penerapan komunikasi interpersonal dalam penyelesaian masalah antara ibu dan anak : analisis film Me vs Mami

Ibnu Shina, Muhammad (2023) Penerapan komunikasi interpersonal dalam penyelesaian masalah antara ibu dan anak : analisis film Me vs Mami. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801026029_Muhammad_Ibnu_Shina] Text (Skripsi_1801026029_Muhammad_Ibnu_Shina)
Skripsi_1801026029_Muhammad_Ibnu_Shina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi interpersonal dalam sebuah hubungan keluarga mempunyai peranan penting dalam membina hubungan yang harmonis antara orang tua dan anak. Perbedaan pendapat seringkali menjadi sumber permasalahan dalam hubungan anak dan orang tua. Film “Me vs Mami” merupakan salah satu film Indonesia yang mengangkat tema tentang hubungan keluarga yang tidak akur. Film yang menceritakan tentang ketidakharmonisan seorang ibu dan anaknya yang sering beradu mulut. Sosok ibu (Maudy) di mata anaknya dinilai terlalu banyak mengatur kehidupan anaknya, begitu juga dengan anaknya (Mira) yang dinilai sering membangkang dan tidak penurut.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi Kripendorf yang bertujuan melihat penerapan komunikasi interpersonal antara ibu dan anak dalam film “Me vs Mami” berdasarkan teks dialog yang ada pada film. Sumber data penelitian ini berasal dari dialog baik itu ungkapan dan pernyataan dalam film “Me vs Mami”, sumber data sekunder adalah skenario dari film “Me vs Mami” yang didapatkan dari situs berbagi klaklik.com. Data-data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sesuai dengan apa yang dijelaskan menurut konsep komunikasi interpersonal dari Joseph A. Devito yaitu, pertama keterbukaan (openness) terdapat pada scene 1, 55, dan 73. Kedua, empati (emphaty) terdapat pada scene 7. Ketiga, sikap mendukung (supportiveness) terdapat pada scene 3 dan scene 27. Keempat, sikap positif (positiveness) terdapat pada scene 47. Kelima, kesetaraan (equality) terdapat pada scene 36. Meskipun 5 aspek komunikasi interpersonal menurut Joseph A. Devito telah diterapkan, penyelesaian masalah yang dilakukan antara Maudy dan Mira belum sepenuhnya bisa terlaksana. Hal ini ditandai dengan masih terdapat beberapa konflik komunikasi interpersonal yang terjadi antara Maudy dan Mira dalam film “Me vs Mami”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Film; Hubungan keluarga; Komunikasi interpersonal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:47
Last Modified: 08 Aug 2023 01:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20326

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics