Komunikasi persuasif dalam drama Korea "Tomorrow" ditinjau dari komunikasi Islam

Munawaroh, Zahrotul (2023) Komunikasi persuasif dalam drama Korea "Tomorrow" ditinjau dari komunikasi Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801026025] Text (Skripsi_1801026025)
Skripsi_1801026025_Zahrotul_Munawaroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi persuasif merupakan suatu teknik membujuk komunikan dan mempengaruhi pikiran, ide, dan gagasan unruk mengikuti pesan dengan tanpa memaksa dan komunikan berhak untuk menerima atau menolak pesan. Dengan teknik komunikasi yang tepat, mampu merubah sikap seseorang. Permasalahan mengenai banyaknya kasus bunuh diri di Korea Selatan dan Indonesia menjadikan suatu permasalah sendiri bagi dua negara. Banyak cara untuk menyadarkan bahaya dan media edukasi pentingnya pencegahan bunuh diri. Salah satunya menggunakan media film dengan genre drama Korea “Tomorrow” yang mengangkat isu pencegahan bunuh diri lewat komunikasi antar komunikator dan komunikan.
Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan komunikasi islami yang bertujuan untuk mengetahui teknik komunikasi persuaif apa yang digunakan dalam percakapan komunikator dan komunikan, dan bagaimana komunikasi islami meninjau kalimat persuasifnya. Sumber data primer penelitian ini adalah drama korea “Tomorrow” episode 2, 4, 5, 7, dan 10 yang diperoleh dari aplikasi Netflik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis isi Klaus Krippendorf meliputi unitizing, sampling, recording, reducing, inferring, narrating.
Hasil penelitian menemukan bahwa dalam drama Korea “Tomorrow” terdapat teknik komunikasi persuasif : teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik pay off dan fear arrousing, teknik icing (tataan), dan teknik red-herring. Kemudian dalam kalimat-kalimat tersebut bila ditinjau dari prinsip komunikasi islami, terdapat beberapa jenis, yakni qaulan syadidan, qaulan ma’rufan, qaulan maysuran, qaulan kariman, qaulan baligha, dan qaulan layyinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi persuasif; Komunikasi Islami; Drama Korea; Film
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:49
Last Modified: 08 Aug 2023 01:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20327

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics