Efektivitas penerapan model pembelajaran cooperative learning type the power of two terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas XI di MAN 2 Kota Semarang

Kharismaya, Nur Aini (2022) Efektivitas penerapan model pembelajaran cooperative learning type the power of two terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas XI di MAN 2 Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016090_Nur_Aini] Text (Skripsi_1803016090_Nur_Aini)
1803016090_Nur aini k_skripsii lengkap - Nur aini Kharismaya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran dalam pendidikan memegang peranan penting untuk menambah ilmu pengetahuan, keterampilan dan peranan konsep diri. Dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan diperlukan adanya aktifitas, supaya siswa mampu mengembangkan pola pemikirannya sehingga dapat berfikir kritis dan rasional sehingga hasil belajarnya pun akan berkembang kea rah yang lebih baik.
Model pembelajaran Cooperative Learning yang dapat diterapkan di MAN 2 Kota semarang adalah The power of two. Dengan adanya metode pembelajaran ini, siswa cenderung aktif untuk mengikuti pembelajaran di kelas karena semua siswa terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. The power of two dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat suatu informasi dan seorang siswa juga dapat belajar dari siswa lain serta saling menyampaikan idenya untuk di diskusikan sebelum disampaikan di depan kelas. The power of two artinya menggabungkan kekuatan dua orang. Metode ini digunakan untuk mendorong pembelajaran kooperatif dan memperkuat pentingnya suatu kerjasama yang sinergis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara Model Cooperative Learning Type The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas XI Di MAN 2 Kota Semarang. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 maka berdasarkan dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t- test dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan metode Cooperative The Power of Two efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas XI di MAN 2 Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Akidah akhlak; Model pembelajaran; Cooperative learning; The power of two
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:04
Last Modified: 08 Aug 2023 02:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20334

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics