Analisis isi hijrah dalam Wattpad "Hijrah" karya Au_Dhila12

Khanifah, Nurul (2023) Analisis isi hijrah dalam Wattpad "Hijrah" karya Au_Dhila12. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801026018] Text (Skripsi_1801026018)
Skripsi_1801026018_Nurul_Khanifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Hijrah merupakan perubahan seseorang yang dilakukan terus menerus baik dalam segi berpakaian, berperilaku, berucap dan belajar Islam. Hijrah bukan paksaan dari orang lain atau memaksa orang lain, melainkan hati dan niat yang ada dalam diri untuk melakukan hijrah. Wattpad “Hijrah” menceritakan seorang perempuan yang melakukan hijrahnya di pesantren. Pertemanan, lingkungan serta konflik yang terdapat di novel ini mengubah pola pikir Aqueena untuk hijrah dan istiqomah. Hijrah membutuhkan proses dan keteguhan hati, hijrah tidak bisa secara instan. Rumusan masalah yang penulis buat adalah bagaimana analisis isi hijrah dalam Wattpad “Hijrah” karya Au_dhila12.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mendeskripsikan hijrah dalam Wattpad “Hijrah” karya Au_dhila12. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah metode dokumentasi, yaitu dengan mencari data di dalam Wattpad “Hijrah”. Penulis mengumpulkan data dalam Wattpad “Hijrah” sesuai dengan konsep hijrah yang sudah dikelompokkan kemudian di analisis satu per satu.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa hijrah yang terkandung dalam Wattpad “Hijrah” terdiri dari tiga macam, pertama hijrah fikriyah merupakan perubahan pemkiran Aqueena terhadap salat sah meskipun tidak hafal bacaan salat dan memakai jilbab. Kedua hijrah syu‟uriyah merupakan perubahan Aqueena dalam bisa membaca Al-Qur‟an dan mengurangi perkataan kasar atau umpatan dengan istighfar. Ketiga hijrah sulukiyah merupakan perubahan yang dilakukan oleh Aqueena dengan lebih mandiri, cara berpakaian, dan cara berbicara kepada lawan bicara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hijrah; Wattpad; Novel
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
800 Literature and rhetoric > 808 Rhetoric and collections of literature
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:06
Last Modified: 08 Aug 2023 02:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20341

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics