Implementasi pendidikan spiritual bagi santri di Pondok Pesantren Sabilunnajah Ploso Karangtengah Demak

Ulya, Milatul (2022) Implementasi pendidikan spiritual bagi santri di Pondok Pesantren Sabilunnajah Ploso Karangtengah Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016096_Milatul Ulya_Full] Text (Skripsi_1803016096_Milatul Ulya_Full)
1803016096_Milatul Ulya_Full Skripsi - Milatul Ulya(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Implementasi Pendidikan Spiritual Bagi Santri di Pondok Pesantren Sabilunnajah Ploso Karangtengah Demak. Penelitian ini di latar belakangi oleh minimya pendidikan spiritual pada zaman sekarang yang mengakibatkan krisis spiritualitas dengan adanya penurunan akhlak manusia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan pendidikan spiritual oleh santri di dalam pondok pesantren.
Penelitian yang dilakukan penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, yang di lakukan di Pondok Pesantren Sabilunnajah Ploso Karangtengah Demak. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan beberapa metode penelitian, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan jenis sumber data primer dan data sekunder dengan hasil dari wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian di analisis. Uji keabsahan data yang di lakukan dengan menggunakan tringulasi data, yaitu membandingkan data hasil observasi dengan data hasil wawancara yang disertai dengan dokumentasi sebagai pendukung.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pendidikan spiritual bagi santri di pondok pesantren Sabilunnajah Ploso Karangtengah Demak adalah ilmu dzikir tingkat tinggi berupa Istighosah khalaqoh fuqara<izzaman dan Mujahaddah Rotibul Haddad Wal Athos dengan menggunakan metode pembiaasaan (dzikir, istighatsah, membaca al-Qur’an, mujahadah, shalat hajat, dan puasa senin kamis), metode nasehat dan keteladanan kyai. Tujuan pendidikan spiritualnya adalah iman yang sempurna yang ditandai dengan ketakwaan yang sempurna sehingga dekat kepada Allah dan mencintai Rasulullah serta sesama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Pendidikan spiritual; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Aug 2023 09:28
Last Modified: 04 Aug 2023 09:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20347

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics