Penggunaan media pembelajaran podcast dalam pembelajaran PAI di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang

A, Eriya Dewi Nur (2023) Penggunaan media pembelajaran podcast dalam pembelajaran PAI di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016110_ERIYA DEWI NUR A_FULL] Text (Skripsi_1803016110_ERIYA DEWI NUR A_FULL)
1803016110_ERIYA DEWI NUR A_FULL SKRIPSIi_080724 - Eriya Dewi Nur Afifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi memegang peranan penting di segala bidang kehidupan manusia sekarang ini, termasuk juga dalam bidang pendidikan. Rekonstruksi penciptaan media yang variatif perlu dilakukan, salah satu media pembelajaran yang sekarang ini sedang berkembang adalah podcast. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan podcast sebagai media dalam pembelajaran serta apa kontribusi positif podcast sebagai media dalam pembelajaran PAI di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data- data yang tertulis atau dari wawancara dari beberapa pihak terkait.
Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: ada beberapa tahap yang perlu dilakukan oleh guru ketika akan menggunakan podcast sebagai media dalam pembelajaran diantaranya ada, tahap perencanaan, tahap persiapan, dan tahap pelaksanaan. Adapun konstribusi positif dari penggunaan media pembelajaran berbasis podcast dalam pembelajaran PAI diantaranya ada, (1) Media podcast sebagai sumber informasi dan kreativitas, (2) Media podcast dapat membantu tingkat pemahaman materi dan memperkuat daya ingat siswa, (3) Media podcast dapat menarik minat dan perhatian siswa, (4) Media podcast dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. (5) media podcast dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan mudah untuk diakses.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran;Podcast; Pembelajaran PAI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Aug 2023 02:34
Last Modified: 05 Aug 2023 02:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20351

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics