Implementasi nilai-nilai pendidikan toleransi beragama melalui kearifan lokal pada masyarakat Gunungpayung Temanggung

Setiani, Feni Agus (2023) Implementasi nilai-nilai pendidikan toleransi beragama melalui kearifan lokal pada masyarakat Gunungpayung Temanggung. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016117_Feni Agus Setiani_Full] Text (Skripsi_1803016117_Feni Agus Setiani_Full)
1803016117_Feni Agus Setiani_Full_Skripsi - feni agus.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Gunungpayung merupakan salah satu desa dengan penduduk yang multikultural, di mana masyarakatnya memeluk agama berebeda-beda. Terdapat 4 agama yang ada di Desa Gunungpayung antara lain, Islam, Budha, Katolik dan Kristen, di mana agama-agama tersebut sudah ada sejak zaman dahulu atau sejak zaman nenek moyang. Masyarakat Gunungpayung sangat menjaga warisan dari leluhur terbukti hingga sekarang masih melaksanakan kearifan lokal yang ada, hal ini menjadi salah satu sarana dalam menjaga kerukunan umat beragama di sana. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui implementasi pendidikan toleransi beragama melalui kearifan lokal pada masyarakat Gunungpayung Temanggung 2) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan toleransi beragama melalui kearifan lokal pada masyarakat Gunungpayung.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian lapangan (qualitative research). Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terlaksana implementasi dari nilai-nilai pendidikan toleransi beragama yakni nilai penerimaan, nilai penghargaan, nilai kesabaran, dan nilai kerja sama, dimana nilai-nilai tersebut terdapat pada kearifan lokal yang ada di desa Gunungpayung seperti panen raya, nyadran, kenduren, dan kesenian. Dengan adanya kearifan lokal tersebut mampu menjaga kerukunan masyarakat Gunungpayung Temanggung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Toleransi beragama; Kearifan lokal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.28 Islam and other believes > 297.283 Islam and Christianity
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Aug 2023 02:41
Last Modified: 05 Aug 2023 02:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20352

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics