Studi komparasi konsep humanisasi pendidikan perspektif driyarkara dan humanisasi pendidikan Islam Perspektif Abdul Munir Mulkham
Maulana, Ilham (2023) Studi komparasi konsep humanisasi pendidikan perspektif driyarkara dan humanisasi pendidikan Islam Perspektif Abdul Munir Mulkham. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1803016124_Ilham Maulana_Full Skripsi - Nurul Laili.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (900kB)
Abstract
Dalam suatu kehidupan bangsa, pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dan strategis untuk menjamin kelangsungan dan perkembangan suatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan membandingkan konsep humanisasi pendidikan perspektif Driyarkara dan humanisasi pendidikan Islam perspektif Abbdul Munir Mulkham. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana Konsep Humanisasi Pendidikan Perspektif Driyarkara? (2) Bagaimana Konsep Humanisasi Pendidikan Islam Perspektif Abdul Munir Mulkham? (3) Bagaimana Perbandingan Konsep Humanisasi Perspektif Driyarkara dan Abdul Munir Mulkham? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif.. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi (content analysis).
Menurut Driyarkara hominisasi dan humanisasi adalah pengangkatan manusia muda sampai sedemikian tingginya sehingga dia bisa menjalankan hidupnya sebagai manusia dan membudayakan diri. Humanisasi pendidikan menurut Abdul Munir Mulkham adalah sebuah proses pendidikan yang memanusiakan manusia. Konsep humanisasi dari kedua tokoh tersebut sama-sama didasarkan pada persoalan kemanusiaan. Sedangkan perbedaannya, dalam orientasi pendidikan dimana Munir lebih menitik beratkan dengan dasar Al-Qur’an, yakni tercapainnya iman, ihsan dan takwa. Sedangkan Driyarkara menitik beratkan pada proses kesadaran untuk memanusiakan manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Humanisasi; Driyarkara; Abdul Munir Mulkham |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 05 Aug 2023 02:47 |
Last Modified: | 05 Aug 2023 02:47 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20353 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year