Pengaruh marketing mix terhadap pengambilan keputusan menjadi nasabah di Bank Syariah Indonesia (studi nasabah BSI di daerah pesisir Semarang Utara)

Setiyono, Wahyu (2022) Pengaruh marketing mix terhadap pengambilan keputusan menjadi nasabah di Bank Syariah Indonesia (studi nasabah BSI di daerah pesisir Semarang Utara). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1905036031_WAHYU_SETIYONO] Text (SKRIPSI_1905036031_WAHYU_SETIYONO)
1905036031_ Wahyu Setiyono Full Skripsi - Wahyu Setiyono.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Perbankan syariah merupakan suatu sistem perbankan yang dikembangkan berdasarkan syariah (hukum) Islam yang berlandaskan Alqur’an dan Hadis. Indonesia yang sebagian penduduknya adalah muslim memberikan ruang yang cukup lebar bagi perkembangan bank syariah. perbankan syariah di Indonesia telah menjadi tolak ukur dalam keberhasilan eksistensi ekonomi syariah. Bank Syariah Indonesia sebagai bank syariah pertama dan menjadi pionir bagi bank syariah lainnya telah lebih dahulu menerapkan sistem ini ditengah minatnya masyarakat dalam menggunakan produk bank-bank konvensional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari strategi mix Bank Syariah Indonesia di Daerah Pesisir Semarang utara seperti didaerah Tambak Mulyo, Bandaharjo, Tanah mas dan Marina, dan ingin memperkenalkan kembali kepada masyarakat mengenai Bank Syariah Indonesia dikarenakan nasabah BSI di daerah pesisir masih sedikit. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berbentuk kuesioner. Data dianalisis menggunakan pengujian validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik (Normalitas, Multikolinearitas, Autokorelasi, Heteroskedastistas, analisis regresi berganda , Uji hipotesis (Uji T, Uji F, Koefesien Desterminasi) dengan bantuan software SPSS 25.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel promotion dan people secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan menjadi nasabah bank syariah Indonesia di daerah Pesisir Semarang Utara. Sedangkan variabel produk, price, place, proses, dan physical evidence secara parsial berpegaruh negative terhadap pengambilan keputusan menjadi nasabah bank syariah Indonesia di daerah Pesisir Tambak Mulyo Semarang. Secara simultan semua variabel bebas dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan menjadi nasabah bank syariah Indonesia di daerah Pesisir Semarang Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix; Product; Price; Promotion; Place; People; Proses; Physical Evidance; Pengambilan Keputusan; Nasabah; BSI
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 05 Aug 2023 03:43
Last Modified: 05 Aug 2023 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20361

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics