Optimalisasi pelayanan kesehatan Puskesmas Tlogosari Wetan bagi calon jemaah haji di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang

Fallah, Achmad Irfan (2022) Optimalisasi pelayanan kesehatan Puskesmas Tlogosari Wetan bagi calon jemaah haji di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801056023_Achmad_Irfan_Fallah] Text (Skripsi_1801056023_Achmad_Irfan_Fallah)
Skripsi_1801056023_Achmad_Irfan_Fallah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya penundaan keberangkatan haji pada tahun 2020 karena adanya pendemi covid-19, yang mengakibatkan seluruh kegiatan yang ada kaitannya dengan haji juga ikut tertunda, termasuk pelayanan kesehatan pada Puskesmas Tlogosari Wetan yang sebelumya dilakukan secara rutin setiap tahun untuk memeriksa kesehatan jemaah haji, kini pada waktu pandemi pelayanan kesehatan ditunda, hingga pada tahun 2022 mulai diadakan kembali untuk memeriksa ulang kesehatan jemaah. Kebijakan dan beberapa upaya juga tidak luput dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi permasalahan pandemi ini. Sehingga dengan hal ini perlu diketahui bagaimana pengoptimalan dalam pelayanan kesehatan apabila terjadi hal yang demikian, agar dampak yang ditimbulkan dapat diminimalisir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis bagaimana optimalisasi pelayanan kesehatan yang diterapkan oleh Puskesmas Tlogosari Wetan dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang optimal bagi calon jemaah haji agar memenuhi syarat Istitha'ah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuaitatif dengan pendekatan manajemen dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumnetasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitin ini adalah dengan menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman dengan pemaparan secara sistematis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan di Puskesmas Tlogosari Wetan memiliki kualitas yang optimal, hal ini ditunjukkan dari wawancara dan sebaran angket tentang kualitas layanan yang meliputi lima indikator pelayanan yaitu tangible (bukti fisik), yaitu Puskesmas Tlogosari Wetan memiliki gedung yang memadai, dan memiliki ruang LAB sendiri, dari dimensi reliability (kehandalan) pegawai tepat waktu dalam memberikan pelayanan, dari dimensi responsive (daya tanggap) para pegawai memberikan informasi sesuai dengan yang dibutuhkan para jemaah dan sesuai SOP, dari dimensi assurance (jaminan) menunjukan bahwa para pegawai juga memiliki kredibilitas yang tinggi dalam memberikan pelayanan, dan dimensi yang kelima yaitu emphaty (empati) para petugas memberikan tanggapan yang baik serta komunikasi yang mudah dipahami bagi para jemaahnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi; Pelayanan Kesehatan; Jemaah Haji; Puskesmas
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Asri Aenun Nisa
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:19
Last Modified: 08 Aug 2023 02:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20368

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics