Pola interaksi penyiaran dan pendengaran dalam program siaran zona kasidah di Radio Adi Suara FM Pati

Zulaikhah, Siti (2023) Pola interaksi penyiaran dan pendengaran dalam program siaran zona kasidah di Radio Adi Suara FM Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701026035] Text (Skripsi_1701026035)
Skripsi_1701026035_Siti_Zulaikhah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penyiar radio merupakan seseorang yang bertugas menyampaikan pesan atau informasi melaui media radio. Seorang penyiar biasanya memiliki kemampuan untuk berfikir kritis, berwawasan luas dan pandai berkomunikasi. Setiap penyiar memiliki pola yang berbeda-beda dalam berinteraksi dengan pendengarnya. Seperti dalam program Zona Kasidah yang menggunakan pola interaksi dengan interaksi lewat telepon, whatsapp dan sms. Dalam hal ini peran penyiar sangatlah penting bagi sebuah programradio. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola interaksi penyiar dan pendengar dalam program siaran Zona Kasidah di Radio Adi Suara FM Pati. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer penelitian ini bersumber dari hasil observasi, dokumentasi, dan hasil wawancara dengan program director, dan penyiar program Zona Kasidah di Radio Adi Suara FM Pati, sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur buku, arsip, dan dokumen yang berkaitan denganpenelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola interaksi yang digunakan penyiar kepada pendengar dalam program siaran Zona Kasidah adalah pola asosiatif dan pola disasosiatif. Dalam penerapannya, program Zona Kasidah, mengarah pada pola interaksi asosiatif dengan bentuk kerja sama, akomodasi, asimilasi dan akulturasi yang berarti pada dampak positif yang didapatkan. Namun, selain dampak positif pola interaksi yang digunakan dalam program Zona Kasidah terdapat pula bentuk-bentuk interaksi disasosiatif yang mengarah pada hal negatif seperti pada bentuk persaingan, kontroversi dan konflik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola interaksi; Program Siaran; Zona Kasidah; Radio FM; Penyiar radio; Pendengar radio
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:56
Last Modified: 08 Aug 2023 03:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20373

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics